Mengenal Minyak Ambang Bahari, Minyak Urut Warisan Leluhur Dayak Ngaju

Mengenal Minyak Ambang Bahari, Minyak Urut Warisan Leluhur Dayak Ngaju

Pengurus LPDN Provinsi Kaltim, Wati Balahap saat diwawancarai langsung, pada Senin 24 Juni 2024.-(Disway Kaltim/ Salsa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Perempuan adat Dayak Ngaju membawa resep warisan leluhur ke dalam program ekonomi produktif Lembaga Perempuan Dayak Nasional (LPDN) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Resep warisan leluhur yang dimaksud adalah Minyak Ambang Bahari yang terbuat dari akar-akaran dan herbal pilihan yang telah dikembangkan selama ratusan tahun oleh masyarakat adat Dayak Ngaju.

Khasiatnya yang telah terbukti, membuat minyak urut ini tetap banyak peminat meski harus menghadapi gempuran krim urut modern yang diproduksi oleh perusahaan farmasi ternama.

BACA JUGA: DPMPD Kaltim Gelar Rakor Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Desa dan Kelurahan 

Pengurus LPDN Provinsi Kaltim, Wati Bahalap (44) mengatakan, minyak urut tradisonal ini terbuat dari beragam akar dan herbal pilihan. Seperti, akar saluang belum, ginseng hutan, akar paku atei, akar supa, batang sirih, sereh, dan palawija.

“Ini minyak akar-akaran gunanya untuk pegal-pegal, keseleo, dan asam urat. Minyak ini asli dari kami Perempuan Dayak Ngaju,” kata Wati Bahalap, saat diwawancarai usai pengukuhan Pengurus LPDN Provinsi Kaltim 2024-2029 dan pengurus kota kabupaten 2024-2027, di Gedung Olah Bebaya, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, pada Senin (24/6/2024) siang.

BACA JUGA: Jadi Penyumbang Devisa Hasil Ekspor Minerba Terbesar, PT Berau Coal Terima Penghargaan Custom Award 2024

Menurut Wati Bahalap, beberapa bahan minyak tradisional ini cukup langka di alam. Contohnya akar seluang belum. 

“Biasanya tumbuhan itu tidak mau tumbuh di dataran rendah, tapi di dataran tinggi dan kebanyakan akar ini ada di Kalteng (Kalimantan Tengah),” sebutnya.

Wati Bahalap menyebut, minyak tradisional ini sebagai salah satu perwujudan upaya perempuan adat dalam melestarikan budaya adat Dayak.

“Kami perempuan adat Dayak itu di pedalaman sudah banyak yang produksi. Seperti ramu-ramuan dari nenek moyang turun-temurun, dan ramuan ambang bahari sejak 1990 itu dari orang tua lanjut ke saya. Dan saya juga bisa membuat minyak Dayak,” ucap Wati, sapaan akrabnya.


Minyak urut khas Dayak yang terbuat dari akar-akaran dan herbal pilihan.-(Disway Kaltim/ Salsa)-
BACA JUGA: Instansi di Mahulu Tak Bisa Rekrut Tenaga Honorer Baru

Perempuan kelahiran 1980 itu menyebut bahwa program ekonomi produktif di LPDN dapat membantu pemasaran produksi yang dihasilkan oleh masyarakat adat Dayak Ngaju.

“Lewat LPDN ini, semoga pemasaran produk orang-orang Dayak ini lebih berkembang lagi dari sebelumnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: