Welcome to the Club! Ini Daftar Tugas Berat AHY di Kementerian ATR/BPN

Welcome to the Club! Ini Daftar Tugas Berat AHY di Kementerian ATR/BPN

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono mendapat ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).-(Instagram/@jokowi)-

"Kemudian berikutnya adalah pengadaan bank tanah juga harus segera dilanjutkan untuk mencapai target. Karena untuk kepentingan investasi, juga untuk kepentingan masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan sejumlah tantangan yang bakal dihadapi AHY di ATR/BPN ke depan. Pertama Jokowi berharap AHY bisa mendorong penyelesaikan sertifikat tanah berbasis elektronik.

BACA JUGA: Depot Arsip Regional Kalimantan Bakal Dibangun di Paser

"Pertama berkaitan dengan sertifikat elektronik harus didorong agar lebih masif," ujar Jokowi kepada wartawan ditemani sang Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) itu, Rabu (21/2/2024).

Tantangan kedua bagi AHY, Jokowi meminta percepatan pengaturan hak guna usaha (HGU) perdagangan karbon atau carbon trading.

Jokowi mengklaim sudah banyak pihak yang antre ingin berdagang di sektor tersebut. Ia berharap AHY bisa menyelesaikan dan mempermudah aturan.

Kemudian tugas ketiga yang dibebankan Jokowi adalah soal penyelesaian sertifikat tanah.

BACA JUGA: Izin KEK Maloy Belum Diperpanjang, Akmal Malik Lobi-lobi ke Jakarta

Jokowi membeberkan ada 120 juta bidang seharusnya segera masuk ke PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). Harapannya, AHY bisa segera menyelesaikan masalah tersebut.

"[Kemudian] berkaitan dengan 120 juta PTSL, 120 juta bidang untuk masuk ke PTSL, harus segera bisa kita selesaikan," tegas Jokowi.

 

Daftar tugas Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai bergabung di Kabinet Indonesia Maju:

1. Memberantas mafia tanah

2. Merampungkan program sertifikasi tanah dengan target 120 juta PTSL.

3. Percepatan hak guna usaha perdagangan karbon (carbon trading)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id