Panggung Seni Telah Diresmikan, Jadi Wadah Kreativitas Masyarakat Berau

Panggung Seni Telah Diresmikan, Jadi Wadah Kreativitas Masyarakat Berau

Panggung seni dan budaya yang berada di Tepian Sungai Segah Jalan Ahmad Yani, Tanjung Redeb.-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Panggung Seni dan Budaya yang berada di Tepian Sungai Segah Jalan Ahmad Yani, Tanjung Redeb telah diresmikan oleh Bupati Berau Sri Juniarsih Mas beberapa waktu lalu.

Kehadiran panggung tersebut, merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk mendukung pelestarian seni dan kebudayaan daerah.

"Panggung seni dan budaya ini diharapkan dapat menjadi wadah masyarakat  menyalurkan kreativitas melalui tarian atau hiburan lainnya," ucap Bupati Sri Juniarsih, Selasa (23/7/2024).

Untuk diketahui, progres pembangunan panggung tersebut memakan waktu dua tahun.

BACA JUGA : Kesbangpol Balikpapan Ingatkan Parpol Aktif Berikan Pendidikan Politik

Panggung itu pun akan dikelola oleh pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Barintak, Kelurahan Bugis.

"Pembuatan panggung tersebut, bagian dari komitmen kami untuk mempercantik kawasan tepian, agar nyaman di kunjungi warga Berau maupun wisatawan," jelasnya.

BACA JUGA : Pelaku Usaha di Paser Dilatih Pendampingan Hukum

Menurutnya, keberadaan panggung tersebut sangat strategis, berada di tengah-tengah kota berdekatan dengan lamdmark 'Berau' dan berada di seberang Tepian Segah sebagai pusat wisata kuliner di Bumi Batiwakkal.

"Saya harap, panggung ini nantinya bisa digunakan sebagai tempat hiburan rakyat, seperti menari jepen atau lainnya, agar kota ini semakin semarak," ujarnya.

Pemerintah daerah juga terus memberikan perhatian besar bagi kekayaan budaya Berau melalui program pembangunan kawasan terpadu, pusat seni, budaya, dan kreativitas berupa taman budaya, amphitheater, pusat kreativitas, kawasan UMKM terpadu dan pembangunan balai adat, serta program revitalisasi bangunan bersejarah seperti keraton, makam, bersejarah, dan lain-lain.

"Manfaatkan panggung ini sebagai pusat pelestarian budaya yang ada di Berau," imbuhnya.

BACA JUGA : Mimpi Besar dari Kampung Terpencil, PT Berau Coal Komit Majukan Pendidikan Generasi Emas

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Disbudpar Berau, Samsiah Nawir, menyampaikan, kedepan pihaknya akan menambah fasilitas videotron di bagian panggung, yang diharapkan alat tersebut nantinya dapat menjadi sarana untuk menjadi latar panggung, sehingga tidak perlu lagi membuat limbah dari banner atau spanduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: