Mahyudin Kembalikan Formulir Pendaftaran Calon Gubernur ke Sekretariat PDIP dan PKB

Mahyudin Kembalikan Formulir Pendaftaran Calon Gubernur ke Sekretariat PDIP dan PKB

Mahyudin saat mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon gubernur Kaltim-istimewa-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Bakal calon Gubernur Kaltim, Mahyudin menyerahkan kembali berkas pendaftaran calon gubernur ke sekretariat PDIP dan PKB Kaltim, Rabu (1/5/2024).

Mahyudin mengatakan bahwa, proses pendaftaran melalui jalur partai politik terasa lebih mudah dibandingkan dengan jalur independen. 

Sebab, kata Mahyudin, jalur independen memerlukan tahapan tersendiri.

Diantaranya harus mengumpulkan KTP sebagai bukti dukungan dari sebagian besar masyarakat Kaltim. 

BACA JUGA : Modal 3 Kursi, Partai NasDem Paser Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Anggota DPD RI Dapil Kaltim ini menyebut bahwa, jika mendaftar melalui jalur independen maka harus mengumpulkan lebih dari 250 ribu surat dukungan, yang setara dengan 8,5 persen dari total pemilih di Kaltim yang berjumlah 2,7 juta. 

"Jadi hari ini saya kembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon gubernur Kaltim melalui PDI Perjuangan dan PKB," kata Mahyudin.

Sementara itu, pengurus DPD PDIP Kaltim, Marten Apuy mengatakan, bahwa Mahyudin merupakan bakal calon pertama yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran ke sekretariat PDIP Kaltim. Sementara yang lainnya belum dikembalikan.

"Sudah kami terima formulirnya, dan Mahyudin menjadi orang pertama yang telah mengembalikan formulir itu," ungkap Marten.

BACA JUGA : Usung Calon Tunggal, Desk Pilkada PKB Paser Hanya untuk Komunikasi Politik

Lebih lanjut Mahyudin mengungkapkan, alasannya mendaftar melalui PKB karena menurutnya partai berbasis Islam tersebut tidak mengusung kadernya di Pilgub Kaltim 2024.

"Sehingga itu yang membuat kita ada peluang, apalagi PKB juga sangat terbuka. Kemudian juga mungkin karena PKB partai yang berbasis Islam ya. Karena kami juga background-nya anggota NU. Chemistry-nya bisa nyambung lah," jelas Mahyudin kepada wartawan.

Ketua Desk Pilkada PKB Kaltim, Alif Ndasi mengatakan, bahwa pengembalian formulir yang dilakukan Mahyudin ini menjadi bukti keseriusannya untuk maju dalam kontestasi Pilgub Kaltim 2024.

BACA JUGA : Kesbangpol Berau Telah Serahkan Anggaran ke KPU dan Bawaslu Untuk Pelaksanaan Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: