Rahasia Sarapan Pagi yang Bikin Stres Menjauh Sepanjang Hari

Rahasia Sarapan Pagi yang Bikin Stres Menjauh Sepanjang Hari

Ilustrasi sarapan pagi-(Freepik/ senivpetro)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Sarapan pagi bukan cuma sekadar rutinitas, tapi bisa jadi kunci untuk mengusir stres sepanjang hari. 

Ada pepatah mengatakan "Sarapan adalah makanan terpenting dalam sehari". 

Artinya, sarapan dengan menu yang tepat lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan energi, tetapi juga bagian dari manajemen stres yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, penelitian dalam jurnal "Appetite", yang dilakukan oleh Smith et al. (2017), menunjukkan bahwa orang dewasa yang secara konsisten sarapan pagi cenderung mengalami tingkat stres yang lebih rendah dan memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah secara keseluruhan. 

BACA JUGA: Badan Otorita IKN Libatkan BUMD Kaltim Dalam Kerjasama Multisektor Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Penelitian ini melibatkan pengamatan terhadap partisipan selama beberapa minggu, memperhatikan pola makan mereka, termasuk apakah mereka sarapan pagi atau tidak.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Nutrition Research" oleh O'Neil et al. (2014) menemukan bahwa remaja yang rutin sarapan pagi memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dan kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup yang lebih baik. 

Penelitian ini melibatkan survei terhadap sejumlah remaja untuk mengevaluasi hubungan antara pola makan mereka dan tingkat stres serta kecemasan yang mereka alami.

BACA JUGA: Tersandung Skandal Gratifikasi, Ibu Negara Korsel Terciduk Terima Tas Dior

 

Relasi Sarapan Pagi dan Tingkat Stres

Mengapa sarapan pagi berperan penting dalam mengurangi tingkat stres? 

Pertama, sarapan pagi memberikan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari dengan baik. Ketika seseorang melewatkan sarapan, kadar gula darah mereka cenderung lebih rendah, yang dapat menyebabkan rasa lelah dan mudah marah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan tingkat stres.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi selama sarapan pagi juga dapat memainkan peran dalam pengaturan hormon stres seperti kortisol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: