Jangan Anggap Remeh, Ternyata Wisata ke Alam Manfaatnya Segudang

Jangan Anggap Remeh, Ternyata Wisata ke Alam Manfaatnya Segudang

Lokasi wisata alam Air Terjun Berambai Samarinda. --

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Weekend sudah waktunya untuk healing atau merelaksasikan tubuh dan pikiran. Nah, salah satu cara untuk relaksasi tersebut adalah dengan berwisata di alam. 

Kenapa harus wisata alam dan apa saja manfaat yang bisa kita dapat? Beberapa hal yang bisa kita dapatkan dari wisata alam

1. Cuci mata 

Berwisata alam dapat membuat kita kagum dengan keindahan alam.

Pemandangan yang memesona tak hanya bagus untuk menambah postingan di Instagram atau media sosial lainnya, tapi juga baik untuk jiwa. Sebuah studi dari Stanford mengaitkan kekaguman pada alam dengan meningkatnya kesabaran, minat dalam membantu orang lain, serta kepuasan hidup yang lebih besar.

2. Mendapat udara yang lebih sehat

Orang modern di perkotaan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan. Alam bebas dengan pepohonan rindang dan sedikit polusi kendaraan tentu memberikan udara yang lebih segar dan berkualitas. Ini sangat baik untuk kesehatan kita. Kapan lagi paru-paru kita bisa leluasa menghirup udara segar yang tanpa polutan. Udara yang segar diyakini juga membuat kita menjadi lebih rileks.  

3. Mengurangi stres

Di dalam kehidupan yang rumit, memang tidak bisa dipungkiri siapa saja bisa mengalami stres. Stres merupakan reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang dihadapinya.

Sekilas mungkin terlihat biasaya saja karena tidak menimbulkan bekas luka yang bisa dilihat dengan kasat mata, tetapi apabila dibiarkan berlangsung lama dapat merusak kesehatan mental.

Nah, dengan berwisata di alam atau mengunjungi tempat-tempat indah dipercaya dapat mengurangi tingkat stres dari rutinitas keseharian. Seperti kerja, tugas yang menumpuk, hingga mumet menyusun skripsi. Apalagi jika skripsinya terus-terusan ditolak oleh dosen. 

4. Meningkatkan konsentrasi 

Selain menghilangkan stres, berwisata di alam juga dipercaya untuk meningkatkan kembali konsentrasi dalam diri. Konsentrasi adalah memusatkan perhatian atau pikiran pada suatu hal.

Apabila akhir-akhir ini Anda susah sekali untuk berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu, maka coba deh luangkan waktu dengan pergi berlibur ke alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: