Italia Lolos Dramatis ke Babak 16 Besar Berkat Gol di Menit 98

Italia Lolos Dramatis ke Babak 16 Besar Berkat Gol di Menit 98

Gianluigi Donnarumma jatuh bangun menepis tendangan Luka Modric.-(Foto/Getty Images)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Timnas Italia memastikan diri lolos ke babak 16 besar UEFA Euro 2024 setelah menahan imbang Kroasia dengan skor 1-1 berkat gol dramatis Mattia Zaccagni di menit ke-98. 

Pertandingan yang berlangsung di Leipzig Stadium pada Senin (24/6/2024) dini hari Wita ini menjadi penentu nasib kedua tim di Grup B.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan intensitas tinggi. Timnas Italia hanya membutuhkan satu poin untuk melaju ke babak berikutnya tanpa harus bergantung pada hasil pertandingan lain. 

Sementara itu, Kroasia harus meraih kemenangan dan berharap hasil yang menguntungkan dari laga lain antara Albania melawan Spanyol.

BACA JUGA: Kreatifitas Pemain Jadi Sorotan Nova Arianto, Usai Timnas U-16 Kalahkan Filipina 3-0

Sejarah pertemuan antara kedua tim menunjukkan bahwa Kroasia sebagai tim yang sulit dikalahkan oleh Italia. Dalam delapan pertemuan sebelumnya sejak Kroasia merdeka, Italia belum pernah menang sekalipun, dengan catatan tiga kali kalah dan lima kali imbang. Pertarungan kali ini pun berlangsung sengit sejak awal.

Kroasia membuka peluang pertama lewat tembakan roket Luka Sucic yang berhasil dihalau kiper Italia, Gianluigi Donnarumma. 

Andrej Kramaric juga melakukan tusukan berbahaya, namun tembakannya disapu oleh Riccardo Calafiori sebelum mencapai gawang.

BACA JUGA: Tahan Imbang Jerman 1-1, Swiss Melaju ke Babak 16 Besar Euro 2024

Italia merespons dengan peluang emas melalui sundulan Alessandro Bastoni yang menerima umpan matang dari Nicolo Barella, namun sundulan tersebut berhasil diblok oleh kiper Kroasia, Dominik Livakovic. 

Donnarumma kembali menunjukkan kelasnya dengan menggagalkan crossing berbahaya dari Luka Modric.

Memasuki babak kedua, Italia mengalami petaka ketika pemain pengganti Davide Frattesi melakukan handball di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih, namun eksekusi penalti Modric berhasil ditepis oleh Donnarumma. 

Tidak lama kemudian, Modric menebus kesalahannya dengan mencetak gol pada menit ke-55, memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Ante Budimir yang diblok Donnarumma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: