Perumda Tirta Kandilo Ajak Investor untuk Memperluas Layanan Air Bersih di Paser

Perumda Tirta Kandilo Ajak Investor untuk Memperluas Layanan Air Bersih di Paser

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser, Adi Maulana (tengah) saat pemaparan rencana bisnis Perumda Air Minum Tirta Kandilo dengan PT Adhikari.-(Disway Kaltim/ Awal)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kandilo Kabupaten Paser terus berupaya memperluas cakupan layanan air bersih di wilayahnya. 

Saat ini, cakupan layanan Perumda Tirta Kandilo baru menjangkau 51 kelurahan atau desa, atau sekitar 35,4 persen dari total desa/kelurahan di Kabupaten Paser

Dari 10 kecamatan yang ada, layanan air bersih baru tersedia di sembilan desa, dengan total 30.256 sambungan langganan yang melayani sekitar 182.521 jiwa.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser, Adi Maulana, mengungkapkan bahwa perluasan layanan air bersih menjadi prioritas utama. 

BACA JUGA: Tim Gabungan Polri dan TNI Gerebek Aktivitas Diduga Ilegal Mining di Labanan-Kelay

BACA JUGA: Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Telah Tiba di Balikpapan Menuju IKN

"Untuk Kecamatan Tanjung Aru, target kami dalam rencana bisnis (renbis) pada 2027, sudah ada unit pelayanan air bersih," ujar Adi dalam sebuah diskusi di Grand Mercure, Jakarta, Sabtu (10/8/2024).

Menurut Adi, tantangan utama dalam memperluas layanan air bersih adalah akses dan infrastruktur yang belum memadai, serta jarak antardesa yang cukup jauh. 

Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser bersama Perumda Tirta Kandilo berkomitmen untuk mengatasi kendala ini dengan mengembangkan inovasi dan membangun unit pengelolaan air bersih di setiap desa.

"Program ini sudah masuk dalam renbis Perumda Tirta Kandilo. Kami berharap bisa bekerja sama dengan perusahaan yang mau mengembangkan inovasi ini, atau bahkan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelolanya," jelas Adi, yang didampingi oleh Direktur Perumda Tirta Kandilo, Suryanto Agustono.

BACA JUGA: Ramaikan HUT ke-79 RI di IKN, Tim Jupiter Aerobatic TNI AU Mendarat di Balikpapan

BACA JUGA: Bonus Rp6 Miliar untuk Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Perumda Tirta Kandilo telah menjalin kerjasama dengan PT Anagata Dhiya Karya Mandiri (Adhikari) untuk mengimplementasikan rencana bisnis tersebut. 

Kedua pihak kini sedang mempertajam rencana-rencana yang telah ditetapkan agar dapat segera diwujudkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: