Demi Menigkatkan Skill Wartawan, PWI Kukar Gelar Pelatihan Unmanned Aerial Vehicle

Demi Menigkatkan Skill Wartawan, PWI Kukar Gelar Pelatihan Unmanned Aerial Vehicle

kiri ke kanan- Awang Muhammad Luthfi dan Bambang Irawan--

KUTAI KARTANEGARA, NOMORSATUKALTIM - Demi meningkatkan skill para Wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar pelatihan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Drone kepada para anggotanya.

Hal tersebut dalam waktu dekat akan terealisasikan, karena PWI Kukar telah berkolaborasi dengan Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) PT Tunggang Parangan (TP) Kutai Kartanegara dalam memberikan pelatihan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Drone bagi wartawan Kukar.

Dalam pertemuannya dengan Direktur TP Kukar, Ketua PWI Kukar, Bambang Irawan mengatakan kalau ini sebagai wujud peran PWI Kukar dan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Kukar dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan.

BACA JUGA : Pemkab Kukar Salurkan Ambulans di Muara Jawa dan Muara Badak

Dalam perkembangan dunia modern saat ini, perkembangan teknologi terus meningkat pesat, oleh karenanya peningkatan kemampuan SDM juga harus selaras.

Termasuk para Wartawan yang bertugas di Kutai Kartanegara.

“Kami berterima kasih kepada Perseroda TP yang siap berkolaborasi dengan PWI Kukar untuk kegiatan pelatihan pilot drone ini, untuk tanggal pelaksanaannya akan diatur kemudian Insyaallah di Agustus mendatang,” kata Bambang Pada Kamis 25 Juli 2024.

BACA JUGA : Pedagang Liar Pasar Pandansari Tetap Jualan Meski ‘Kucing-kucingan’

Perlu diketahui, UAV Drone adalah pesawat terbang tanpa awak yang dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control.

Dengan berbagai komponen yang canggih, drone telah berkembang pesat karena banyak manfaat yang disediakan.

Diantaranya manfaat yang tentu berkaitan dengan awak media yakni manfaat drone untuk fotografi maupun videografi serta manfaat lainnya.

Menanggapi niatan kolaborasi dengan PWI Kukar ini, Direktur TP Kukar, Awang Muhammad Luthfi, mengungkapkan manfaat pentingnya pelatihan UAV drone ini kepada awak media agar para wartawan memahami terbang drone dengan aman, memiliki kemampuan baru yang menarik, memahami tentang dokumentasi melewati drone, memahami regulasi dan aturan terbang, hingga mengatahui potensi dunia kerja drone dan awak media juga beperluang untuk menjadi pilot drone professional (RPC).

Adapun pelatihan yang akan diberikan kepada awak media Kukar ini yakni pelatihan batch 1 yakni pelatihan dasar.

BACA JUGA : BPMP Sebut Sekolah di Kaltim Mulai Bertahap Jalankan Kurikulum Merdeka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: