Pedagang Liar Pasar Pandansari Tetap Jualan Meski ‘Kucing-kucingan’

Pedagang Liar Pasar Pandansari Tetap Jualan Meski ‘Kucing-kucingan’

Suasana penertiban PKL di kawasan Pasar Pandansari, Kamis (25/7/2024). -istimewa-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Pandansari masih ada yang berjualan, meski lokasi tersebut akan digusur oleh Pemkot Balikpapan. Terpantau, para PKL masih nekat berjualan sejak pagi, berusaha menghindari pantauan petugas.

Menurut Sugiarto, seorang pengunjung pasar, beberapa pedagang mulai membuka lapak mereka ketika petugas belum tiba di lokasi. 

"Mereka berjualan di area bekas yang dirobohkan kemarin, dekat persimpangan," ungkapnya pada nomorsatukaltim, Kamis 25 Juli 2024. 

BACA JUGA:Hari Kedua Penertiban PKL Pasar Pandansari, Meja dan Kanopi Liar Dibongkar

Saat petugas gabungan tiba, terpantau beberapa PKL buru-buru merapikan barang dagangan mereka. Sementara yang lain tetap bertahan hingga ditegur. 

Kepala Satpol PP Balikpapan, Budi Liliono pun mengaku ada pedagang yang mencoba menghindari penertiban. Ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengingatkan para PKL agar tidak berjualan di fasilitas umum yang tidak diperuntukkan. Contohnya berjualan di atas parit.

"Kami hanya mengingatkan agar mereka berjualan di tempat yang telah disediakan, bukan di lokasi yang dilarang," jelas Budi. 

BACA JUGA:Imbas Mahalnya Pakan, Harga Daging Ayam Ras Naik 3,66%

Mengenai relokasi pedagang, Budi menyatakan bahwa hal tersebut merupakan tanggung jawab Dinas Perdagangan. 

"Kami hanya bertugas menertibkan, untuk relokasi itu urusan Dinas Perdagangan," tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: