Persiapan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Kesbangpol Balikpapan Seleksi Calon Paskibra

Persiapan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Kesbangpol Balikpapan Seleksi Calon Paskibra

Kepala Kesbangpol Balikpapan, Sutadi. (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan mengungkapkan persiapannya jelang perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Kepala Badan Kesbangpol Balikpapan, Sutadi menuturkan bahwa salah satu kesiapannya yakni dalam menyelenggarakan proses seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun ini.

"Alhamdulilah untuk paskibra tahun ini diserahkan kepada Kesbangpol, dan kami sudah melaksanakan seleksi bulan Februari kemarin. Sekarang sudah terbentuk pasukan paskibra," ujarnya pada Rabu (24/7/2024).

Sutadi menambahkan bahwa ada 39 pasukan paskibra untuk tingkat kota dan 4 pasukan untuk ikut di Provinsi Kaltim.

Pelatihan-pelatihan pun telah berlangsung di ruang terbuka, dan karantina akan dimulai pada 6 Agustus 2024 mendatang di Town House BDI. 

BACA JUGA : Imbas Mahalnya Pakan, Harga Daging Ayam Ras Naik 3,66%

"Karantina akan dilakukan dari 6 Agustus sampai menjelang HUT RI yang akan kita pusatkan di Dome," jelas Sutadi. 

Ia juga menegaskan bahwa dalam tahapan proses seleksi paskibra telah dilakukan secara transparan melalui aplikasi.

"Semuanya serba transparan, tidak ada yang protes, dan kita coba lakukan secara terbuka, tidak ada titipan. Jadi benar-benar disesuaikan dengan kemampuan anak-anak kita," tambahnya.

Sutadi berharap paskibra ini dapat sukses dalam penyelenggaraan HUT RI, terutama karena Balikpapan sebagai barometer dekat dengan IKN.

BACA JUGA : Minimalisir Kesalahan dan PSU, KPU Samarinda Gelar Bimtek Bagi KPPS

Seleksi dilakukan mulai dari sosialisasi ke sekolah-sekolah, seleksi administrasi, hingga tes wawasan kebangsaan dan fisik.

Sutadi merinci, dari tes wawasan kebangsaan itu peserta harus mendapatkan nilai minimal 70, jika kurang maka akan gugur.

“Jadi nilai 70 itulah yang diseleksi dari sekian ratus orang hingga kita dapatkan 39 pasukan paskibra ditambah 45 dari TNI," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: