Otorita IKN Gandeng UMKM Lokal dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Otorita IKN Gandeng UMKM Lokal dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sugiman, petani dari Kelompok Tani Sumber Wangi, Desa Tengin Wangi, Sepaku. (Disway/ Chandra)--

"Kalau melon biasa itu di angka 6, kita berani di angka 8 atau 9," ungkap Sugiman kepada Nomorsatukaltim.

BACA JUGA : Suruh Etam: Bisnis Layanan Baru yang Serba Bisa di Samarinda

Selain itu, warna dan tampilan melon ini sangat menarik, menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Masa panen Melon Golden Alisa juga lebih cepat, sekitar 50-55 hari, dengan batas maksimal 60 hari.

Harga jual Melon Golden Alisa mencapai Rp 40.000 per kilogram di tempat Sugiman, dan dapat mencapai Rp 47.000 per kilogram di pasar Jakarta dan mall. 

"Untuk animo masyarakat, saya kekurangan produk, ini aja udah antri pake aplikasi. Karena permintaan juga cukup banyak," jelas Sugiman.

Ia juga memiliki rencana untuk mengekspor melon ini di masa depan, meskipun masih dalam tahap perencanaan jangka panjang.

BACA JUGA : Film Pendek "Hantu Banyu" Dorong Upaya Memajukan Perfilman dan Desa Wisata di Kaltim

Melon Golden Alisa ditanam di greenhouse menggunakan media tanam polybag ukuran 40-50 dengan komposisi 30% tanah, 30% kompos kohe kambing, dan 40% arang sekam. 

Sistem pengairannya menggunakan drip irrigation, pemupukan dengan hidroponik vertigation, serta perawatan dan panen dilakukan secara manual.

Dengan kelebihan rasa yang manis, penampilan menarik, usia panen cepat, dan harga jual yang tinggi, Melon Golden Alisa menjadi alternatif menarik bagi konsumen dan petani di Indonesia.

Di sisi lain, sektor industri kreatif juga tidak ketinggalan. Yanti, salah seorang karyawan dari UMKM bisnis baju oleh-oleh dari Ibu Kota Negara (IKN), menawarkan kaos dengan ciri khas unik yang membedakan dari produk serupa lainnya.

“Yang membedakan kaos oleh-oleh di sini dengan yang lain tuh ini ada logo Sepaku di bagian lengannya ini, dan kita pakai bahan kaos yang bagus, adem. Logo Sepaku ini yang dari sini berarti originalnya,” ujar Yanti.

BACA JUGA : Dukung Kompetensi ASN, Pemkab Mahulu Jalin Kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara

Untuk harga kaos yang dijajakan beragam, mulai dari 48 ribu untuk kaos anak-anak usia 2 tahun hingga 4 tahun. Sementara untuk kaos dewasa, ukuran M dibanderol dengan harga 95 ribu, ukuran L seharga 105 ribu, dan ukuran XL 110 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: