Otorita IKN Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Otorita IKN Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Otorita IKN Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia-Disway/Chandra-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Otorita Ibu Kota Negara (IKN) menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik.

Puncak acara peringatan ini diselenggarakan pada Jumat (28/6/2024) bertempat di Rest Area Blok K2 IKN, diagendakan akan berlangsung hingga sore hari dan diharapkan dapat menggerakkan UMKM masyarakat sekitar IKN yang ada.

Dalam puncak acara ini, turut melibatkan sejumlah UMKM yang menawarkan berbagai ragam kuliner, oleh-oleh, kerajinan, dan juga hasil dari petani IKN, salah satunya yakni Melon Golden Premium.

BACA JUGA : Jatam Kaltim: Ada Kendala Sistemik dalam Penegakan Hukum Tambang Ilegal

Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana OIKN, Onesimus Patiung, menyampaikan dalam sambutannya bahwa peringatan ini sangat penting mengingat kondisi lingkungan yang memprihatinkan.

"Baru satu dua hari yang lalu IKN mengalami banjir, yang menunjukkan bahwa kita harus memperhatikan lingkungan bersama-sama," ujarnya.

Selain itu, Patiung juga menyoroti permintaan dari para kepala sekolah yang ada disekitar wilayah IKN mengenai tempat sampah dan pohon yang akan ditanam di sekolah-sekolah.

BACA JUGA : OJK Kaltim Diminta Terapkan Sistem Meritokrasi untuk Perbankan

"Ini menunjukkan kepedulian yang meningkat dari sekolah. Kami bersama Kementerian Lingkungan Hidup akan mendukung dengan menanam berbagai jenis tanaman," katanya Patiung.

Selanjutnya, dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri, menekankan pentingnya restorasi lahan yang relevan dengan pembangunan IKN.

"Lingkungan tempat kita membangun sebagian besar adalah ekosistem yang perlu dipulihkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk turut serta dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini," jelasnya.

Safitri juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini dirancang secara sederhana dalam bentuk pasar rakyat untuk melibatkan masyarakat secara luas.

BACA JUGA : Judi Online: Hedonisme, Himpitan Ekonomi, dan Inflasi Menjadi Faktor Pendorong

"Lingkungan hidup bukan hanya untuk dibicarakan di hotel-hotel berbintang, tapi harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: