Otorita IKN Gandeng UMKM Lokal dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Otorita IKN Gandeng UMKM Lokal dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sugiman, petani dari Kelompok Tani Sumber Wangi, Desa Tengin Wangi, Sepaku. (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan serangkaian acara menarik, puncaknya pada Jumat (28/6/2024) di Rest Area K2 IKN.

Pada acara puncak ini, dihadiri oleh Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri, Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana OIKN, Onesimus Patiung, dan beberapa perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota sekitar.

Untuk meramaikan puncak acara peringatan ini, OIKN turut menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di daerah sekitar lokasi IKN.

BACA JUGA : Otorita IKN Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Onesimus Patiung mengatakan, bahwa agenda ini akan berlangsung hingga sore hari dan diharapkan dapat menggerakkan UMKM yang ada.

“Setelah ini nanti kami akan bersama-sama belanja untuk mendukung UMKM,” ujar Onesimus.

Menurut pengamatan Nomorsatukaltim di lokasi acara, setidaknya terdapat puluhan stan UMKM dengan berbagai dagangan yang dijajakan, mulai dari kuliner, oleh-oleh, kerajinan, serta dari sektor pertanian.

Salah satunya yakni datang dari sektor pertanian dengan hadirnya Melon Golden Alisa. Varietas melon baru ini menarik perhatian dengan keunggulan rasanya yang lebih manis dan penampilan yang menarik.

BACA JUGA : Jatam Kaltim: Ada Kendala Sistemik dalam Penegakan Hukum Tambang Ilegal

Petani bernama Sugiman dari Kelompok Tani Sumber Wangi telah menciptakan inovasi dalam pertanian melon dengan memperkenalkan Melon Golden Alisa. 

"Melon ini adalah inovasi dari saya sendiri. Jadi ibu deputi bilang, masa petani nggak bisa berinovasi, akhirnya saya berinovasi. Alhamdulillah rasa tidak kalah," ujar Sugiman.

Ia menjelaskan bahwa Melon Golden Alisa bukan hasil persilangan, melainkan turunan dari varietas tertentu yang diperlakukan dengan perlakuan khusus. 

"Ketika mau kita konsumsi, mau kita ambil bibitnya, perlakuannya berbeda, kemudian masa panennya berbeda, dan kita tidak pakai pestisida," tambahnya.

Keunggulan utama dari Melon Golden Alisa adalah rasanya yang lebih manis dibanding melon biasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: