KPU Mahulu Butuh 112 Orang, Rekrutmen Pantarlih Pilkada 2024 Segera Dibuka! Ini Syaratnya!

KPU Mahulu Butuh 112 Orang, Rekrutmen Pantarlih Pilkada 2024 Segera Dibuka! Ini Syaratnya!

Ketua KPU Mahulu, Paulus Winarno Hendratmukti-(Ist/Nomorsatukaltim)-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur (Kaltim) terus menjalankan tahapan Pilkada Serentak 2024.

Dalam waktu dekat, KPU Mahulu akan membuka rekrutmen Petugas Pemutakhiran data Pemilih (Pantarlih).

Ketua KPU Mahulu, Paulus Winarno Hendratmukti menyebutkan bahwa rekrutmen petugas Pantarlih akan resmi dibuka pada tanggal 13-19 Juni 2024.

Pengumuman resminya nanti akan disampaikan melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap kecamatan se-kabupaten Mahulu.

BACA JUGA: Wacana Presiden Kembali Dipilih MPR Muncul Lagi, Begini Respons Bamsoet

"Nanti jadwal pendaftarannya akan diumumkan di masing-masing PPS. Tapi yang pasti pendaftarannya mulai tanggal 13-19 Juni 2024," ungkap Paulus kepada Nomorsatukaltim, Senin (10/6/2024).

Kata Paulus, jumlah petugas Pantarlih yang dibutuhkan pada Pilkada 2024 ini sebanyak 112 orang.

Kemudian, jumlah Petugas Pantarlih di setiap TPS tentunya berbeda-beda. Ada yang satu, ada juga yang dua orang, hal itu tergantung dari jumlah pemilih.

"Untuk kebutuhannya berjumlah 112 orang. Karena berdasarkan hasil Rakor (Rapat Koordinasi) data se-Indonesia, disepakati bahwa TPS yang jumlah pemilihnya di atas 400 orang bisa merekrut dua Pantarlih. Sedangkan yang kurang dari 400 akan merekrut satu petugas Pantarlih. Jadi nanti di TPS tertentu yang jumlah pemilih diatas 400 akan merekrut dua Pantarlih untuk melakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian (Coklit)," jelas Paulus.

BACA JUGA: Akademisi Unikarta: Operasi KPK Selalu Mendekati Momen Pilkada

Ia menegaskan bahwa, seleksi penerimaan Pantarlih akan dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian calon Pantarlih.

Kemudian yang paling penting adalah calon Pantarlih betul-betul menguasai daerah yang menjadi wilayah tugasnya.

Karena itu, sebelum pendaftaran dibuka, KPU Mahulu terlebih dahulu akan melaksanakan sosialisasi di seluruh kecamatan se-kabupaten Mahulu. 

Sosialisasi tersebut rencananya dilaksanakan lima hari ke depan. Melalui sosialisasi tersebut akan diberikan informasi sekaligus mengajak seluruh masyarakat Mahulu untuk terlibat menjadi petugas Pantarlih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: