Siapkan Tandon! BMKG Prediksi Indonesia Bakal Alami Kekeringan Meteorologis

Siapkan Tandon! BMKG Prediksi Indonesia Bakal Alami Kekeringan Meteorologis

ILUSTRASI - Seorang warga menimba air bersih dari sebuah sumur resapan.-(Foto/Antara)-

Selain itu, hasil monitoring hotspot menggunakan satelit menunjukkan kemunculan beberapa titik panas di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), sehingga diperlukan perhatian khusus untuk mencegah kebakaran selama musim kemarau. 

"Memperhatikan dinamika atmosfer jangka pendek terkini, masih terdapat jendela waktu yang sangat singkat yang bisa dimanfaatkan sebelum memasuki pertengahan musim kemarau," tambah Dwikorita.

Sebagai langkah mitigasi dan antisipasi, BMKG merekomendasikan penerapan teknologi modifikasi cuaca untuk pengisian waduk-waduk di daerah yang berpotensi kering dan membasahi lahan gambut yang rawan karhutla.

BACA JUGA: Syarifatul Sebut Distribusi Air Bersih Harus Menjadi Prioritas Utama 

BMKG berharap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Pertanian dapat memastikan konektivitas jaringan irigasi dari waduk ke kawasan yang terdampak kekeringan.

Untuk sektor pertanian, BMKG menyarankan penyesuaian pola dan waktu tanam untuk iklim kering di wilayah terdampak. Koordinasi lebih lanjut dengan Menteri Pertanian dan Gubernur Provinsi terdampak akan dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan sektor ini.

Dwikorita berharap informasi peringatan dini mengenai kesiapsiagaan musim kemarau ini dapat dimanfaatkan secara efektif oleh pemerintah pusat dan daerah untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak kekeringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: