Ramalan Cuaca Kaltim, 1 Juli 2024, Waspada Hujan Petir!

Ramalan Cuaca Kaltim, 1 Juli 2024, Waspada Hujan Petir!

Cuaca Kaltim hari ini diprediksi diguyur hujan deras dengan potensi kilat atau petir pada siang dan malam hari.-(Ilustrasi/Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis ramalan cuaca Kalimantan Timur (Kaltim) untuk hari Senin, 1 Juli 2024. 

Sebagian besar wilayah Kalimantan Timur diramalkan diguyur hujan lebat pada malam dan dini hari. Bahkan BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap hujan lebat yang dapat disertai petir.

"Peringatan Dini! Waspada potensi Hujan Lebat dapat disertai Kilat/Petir pada siang hingga malam hari di wilayah Karangan, Tanjung Redeb, Tabalar, Kaliorang, Bengalon, Loa Janan Ilir, Kelay, Muara Wahau, Tenggarong, Bentian Besar, Bongan, Damai, Long Iram, Muara Pahu, Muara Muntai," demikian rilis BMKG untuk hari Senin (1/7/2024).

BACA JUGA: Satpol PP Kukar Seret 27 Pedagang Liar ke Pengadilan

Peringatan dini juga berlaku untuk wilayah Sebulu, Tabang, Long Bagun, Babulu, Bontang, Samarinda, Sendawar, Sengata, Melak, Muara Badak, Batu Ampar, Kongbeng, Muara Ancalong.

Berikutnya, Sangkulirang, Laham, Penajam, Balikpapan, Maratua, Sandaran, Batu Sopang, Muara Koman dan Tanah Grogot.  

BACA JUGA: Produk China Banjiri Indonesia, Mendag Bakal Kenakan Bea Masuk hingga 200 Persen

Adapun hujan petir di Ibu Kota Kaltim, yakni Kota Samarinda diramalkan berlangsung pada malam dan dini hari. Sedangkan pada siang hari, cuaca Samarinda diramalkan berawan tebal.  

Sementara itu, sebagian besar kota/ kabupaten di Kaltim hari ini diramalkan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Detail informasi cuaca wilayah Kalimantan Timur, silakan simak daftar di bawah ini.

LIHAT JUGA: Brigjend TNI Dendi Suryadi, Orang Kutai Pertama yang Jadi Jenderal

Berikut kawasan berstatus waspada hujan lebat disertai kilat/petir:

1. Balikpapan

2. Samarinda

  • Samarinda Kota
  • Loa Janan Ilir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: