Garuda Muda Akhiri Kejuaraan AFF U-16 di Peringkat 3, Ini Komentar Erick Thohir

Garuda Muda Akhiri Kejuaraan AFF U-16 di Peringkat 3, Ini Komentar Erick Thohir

Pasukan Garuda Muda melakukan selebrasi usai membantai Vietnam U-16 dengan skor 5-0 di final kejuaraan AFF U16 2024.-(Foto/Dok.PSSI)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Timnas Indonesia U-16 mengakhiri kejuaraan AFF U-16 2024 dengan menempati posisi ketiga. Hasil ini diraih setelah mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor telak 5-0. 

Pertandingan yang digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (2/7) itu menjadi momen kebangkitan bagi Muhammad Zahaby Gholy dan kawan-kawan setelah sebelumnya tersingkir di babak semifinal oleh Australia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan apresiasi tinggi terhadap performa Garuda Muda. Ia menyambut positif kemenangan besar ini, namun menekankan pentingnya introspeksi dan peningkatan performa ke depannya. 

"Saya bangga Tim Nasional U-16 menang lawan Vietnam dengan jumlah gol yang besar. Namun, kita jangan menjadi besar kepala. Justru kekalahan dari Australia kemarin harus jadi bagian dari introspeksi diri, baik dari pemain maupun pelatih. Apalagi kita masuk ke kejuaraan ini sebagai juara bertahan," ujar Erick Thohir.

BACA JUGA: Turki Menantang Belanda di Perempat Final UEFA Euro 2024

Pertandingan melawan Vietnam menunjukkan dominasi Indonesia sejak awal. Anak asuh pelatih Nova Arianto bermain agresif dan menciptakan banyak peluang meski baru bisa memecah kebuntuan menjelang akhir babak pertama. 

Gol pembuka dicetak oleh Zahaby Gholy pada menit ke-44 setelah menerima umpan dari Fandi Ahmad. Selang beberapa menit kemudian, Dafa Zaidan menggandakan keunggulan dengan tendangan keras yang membawa Indonesia unggul 2-0 saat memasuki waktu istirahat.

Pada babak kedua, Indonesia terus menekan dan menunjukkan superioritasnya. Daniel Alfredo yang masuk sebagai pemain pengganti menambah keunggulan Indonesia menjadi 3-0 pada menit ke-74, memanfaatkan kesalahan bek Vietnam. 

BACA JUGA: Prancis Bertemu Portugal di Perempat Final UEFA Euro 2024

Zahaby Gholy kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-77, setelah menerima assist dari Mierza Firjatullah, menjadikan skor 4-0. 

Lima menit kemudian, Daniel Alfredo mencetak gol keduanya sekaligus menutup kemenangan telak Indonesia dengan skor 5-0.

Erick Thohir menambahkan bahwa kemenangan ini menjadi modal penting untuk pertandingan-pertandingan berikutnya. 

"Gelar tempat ketiga di AFF U-16 2024 dan kemenangan besar ini menjadi modal menuju pertandingan di bulan Oktober melawan Kuwait, Kepulauan Mariana Utara, dan Australia. Di laga-laga itu, kita harus membuktikan bahwa Timnas kita lebih baik dari hari ini. Bisa bangkit dari kekalahan, lalu cetak gol banyak, menunjukkan kita punya mental pemenang," jelasnya.

BACA JUGA: Kalah 5-3 Lawan Australia, Begini Komentar Pelatih Timnas U-16 Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: