Ramalan Cuaca Kaltim, 27 Juni 2024, Cek di Sini!

Ramalan Cuaca Kaltim, 27 Juni 2024, Cek di Sini!

Cuaca Kalimantan Timur hari ini diprediksi cukup beragam.-(Ilustrasi/Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis ramalan cuaca Kalimantan Timur (Kaltim) untuk hari Kamis, 27 Juni 2024.

Secara keseluruhan, cuaca di Kalimantan Timur cukup beragam dengan potensi hujan ringan di beberapa wilayah seperti Samarinda, Tanah Grogot, dan Tanjung Redeb. 

BMKG juga mengeluarkan peringatan waspada terhadap hujan lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

"Peringatan Dini! Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat di wilayah Long Apari," demikian kutipan rilis BMKG, Kamis (27/6/2024).

BACA JUGA: Pemprov Kaltim Alokasikan Anggaran Program Penurunan Angka Stunting

Masyarakat di daerah tersebut disarankan untuk berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang yang bisa terjadi akibat kondisi cuaca ekstrem ini.

Adapun cuaca Ibu Kota Kaltim, yakni Kota Samarinda diramalkan diguyur hujan sedang pada siang hari. Kondisi kabut pada dini hari perlu diwaspadai, terutama bagi pengendara yang bepergian di malam hari atau dini hari.

Balikpapan diperkirakan akan mengalami cuaca yang cukup stabil dengan kondisi berawan hampir sepanjang hari. Suhu yang relatif sejuk membuat kota ini nyaman untuk beraktivitas.

BACA JUGA: Pengamat Politik Sebut Empat Nama Potensial di Pilkada Mahulu 2024, Salah Satunya Yohanes Avun

Cuaca di Bontang cenderung cerah berawan sepanjang hari. Kelembapan yang tinggi mencapai 100 persen pada malam dan dini hari membuat udara terasa lebih lembap, terutama pada malam hari.

Penajam juga akan mengalami kondisi cuaca yang bervariasi antara berawan dan cerah berawan. Suhu mencapai 31°C di siang hari menandakan adanya potensi suhu yang cukup panas.

Cuaca di Sendawar, Kutai Barat cenderung cerah berawan sepanjang hari, dengan suhu tertinggi mencapai 32°C pada siang hari. Kelembapan bervariasi antara 60 hingga 100 persen.

LIHAT JUGA: Jalankan Putusan MK, KPU Samarinda Hitung Ulang Surat Suara dari 41 TPS

Sengata, Kutai Timur juga akan mengalami cuaca yang cukup stabil dengan kondisi berawan dan cerah berawan. Kondisi kabut pada dini hari perlu diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: