Ramalan Cuaca Kaltim, 4 Juli 2024, Waspada Hujan Angin!

Ramalan Cuaca Kaltim, 4 Juli 2024, Waspada Hujan Angin!

Cuaca Kaltim hari ini diprediksi diwarnai hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.-(Ilustrasi/Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca Kalimantan Timur (Kaltim) cukup dinamis, pada Kamis, 4 Juli 2024.

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang di sejumlah wilayah di Kaltim. 

"Peringatan Dini! Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Muara Wahau, Long Bagun, Laham, Batu Sopang, Muara Koman, Damai, Long Iram, Muara Pahu, Muara Muntai," tulis BMKG dalam rilis resminya, Kamis (4/7/2024). 

BACA JUGA: Edi Damansyah Optimis, 2025 Kukar Zero Stunting

Selain itu, wilayah yang juga harus mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yakni, Samarinda, Sendawar, Tenggarong, Bentian Besar, Melak, Sebulu, Tabang, Batu Ampar, Muara Ancalong, Loa Janan Ilir, Balikpapan, Long Apari, Babulu dan Bongan.  

Masyarakat di daerah tersebut disarankan untuk berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang yang bisa terjadi.

Adapun cuaca ekstrem di Ibu Kota Kaltim, yakni Kota Samarinda diramalkan berlangsung pada malam hari. Pada pagi hari cuaca Samarinda berawan, kemudian cerah berawan pada siang hari dan berkabut pada dini hari.

Suhu di Kota Samarinda akan berkisar antara 23 hingga 31 derajat Celsius dengan kelembapan 65 hingga 100 persen.

BACA JUGA: Jaga Lingkungan Tetap Lestari, PT Berau Coal Terima Kunjungan Kerja Kepala DLH Kaltim

Untuk Balikpapan, prakiraan cuaca menunjukkan kondisi berawan sepanjang hari dengan suhu berkisar antara 23 hingga 29 derajat Celsius dan kelembapan antara 75 hingga 100 persen. 

Bontang diperkirakan akan mengalami cuaca cerah berawan di pagi, siang, dan malam hari, namun kabut akan muncul pada dini hari. Suhu di Bontang akan berkisar antara 25 hingga 29 derajat Celsius dengan kelembapan 75 hingga 95 persen.

Sedangkan cuaca ibu kota kabupaten di Kaltim diramalkan menghadapi kondisi cuaca yang beragam, dengan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah. 

Khususnya, wilayah seperti Samarinda, Sendawar, dan Tenggarong diprediksi akan mengalami hujan petir dan hujan lebat, yang disertai dengan tingkat kelembapan yang sangat tinggi mencapai 100 persen. 

BACA JUGA: Warga Akan Tutup Jalan Rapak Indah Samarinda, Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: