Bukan di TMP, Renungan Suci 17 Agustus di IKN akan Digelar di Taman ini

Bukan di TMP, Renungan Suci 17 Agustus di IKN akan Digelar di Taman ini

Taman Kusuma Bangsa IKN yang baru diresmikan Presiden Jokowi, pada Senin, 12 Agustus 2024 ini bakal menjadi tempat renungan suci 17 Agustus yang baru, menggantikan TMP Kalibata, Jakarta.-(Foto/BPMI Setpres)-

Taman Kusuma Bangsa didirikan sebagai solusi sementara sebelum adanya Taman Makam Pahlawan (TMP) di Ibu Kota Nusantara. 

Lokasi ini juga menjadi bagian integral dari kawasan beranda Nusantara, yang dilengkapi dengan elemen arsitektur seperti sayap pelindung Nusantara dan tiang bendera setinggi 79 meter.

BACA JUGA: OIKN Pertahankan Buaya di Bendungan Sepaku-Semoi, Ini Alasannya

BACA JUGA: Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Siap Beroperasi pada 17 Agustus

Tiang bendera ini bahkan telah mencetak rekor MURI sebagai tiang bendera tertinggi di Indonesia.

“Selain itu juga ada beranda Nusantara, itu semacam tempat yang terbuat dari bambu yang di situ nanti akan ada informasi-informasi terkait dengan bagaimana pembangunan Ibu Kota Nusantara ini dilakukan selama pelaksanaannya,” tambah Diana.

Peresmian Taman Kusuma Bangsa ini, kata Diana, menegaskan komitmen pemerintah untuk terus menghormati dan mengenang jasa para pahlawan bangsa. 

Taman ini diharapkan menjadi pusat kegiatan peringatan hari besar nasional, termasuk Hari Kemerdekaan, yang akan dihadiri oleh pejabat negara dan masyarakat.

BACA JUGA: Ramaikan HUT ke-79 RI di IKN, Tim Jupiter Aerobatic TNI AU Mendarat di Balikpapan

BACA JUGA: Pertamina Rilis Harga Baru BBM per 10 Agustus, Simak Daftarnya Berikut ini

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selanjutnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Selain itu, perancang Taman Kusuma Bangsa, Nyoman Nuarta, dan beberapa tokoh penting lainnya seperti Kurator IKN Ridwan Kamil, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik juga tampak hadir dalam peresmian ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: