Bukan di TMP, Renungan Suci 17 Agustus di IKN akan Digelar di Taman ini

Bukan di TMP, Renungan Suci 17 Agustus di IKN akan Digelar di Taman ini

Taman Kusuma Bangsa IKN yang baru diresmikan Presiden Jokowi, pada Senin, 12 Agustus 2024 ini bakal menjadi tempat renungan suci 17 Agustus yang baru, menggantikan TMP Kalibata, Jakarta.-(Foto/BPMI Setpres)-

IKN, NOMORSATUKALTIM – Untuk pertama kalinya dalam sejarah peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, upacara renungan suci yang dipimpin Presiden RI pada 17 Agustus mendatang bukan digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP).

Melainkan di Taman Kusuma Bangsa yang baru saja diresmikan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Seperti diketahui, Presiden RI biasanya memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci setiap tanggal 17 Agustus pukul 00.00 WIB di TMP Kalibata, Jakarta.

Namun renungan suci 17 Agustus 2024 di IKN bakal dihelat di Taman Kusuma Bangsa yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada Senin, 12 Agustus 2024.

BACA JUGA: Menanti Peresmian Teras Mahakam, Warga Berharap Bebas Jukir Liar dan Pengamen

BACA JUGA: Ditanya Komitmen Lanjutkan IKN, Prabowo Menyatakan Diri Siap Jadi Investor

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Nusantara,” ucap Presiden Joko Widodo dalam sambutannya. 

Taman ini menjadi simbol penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang bangsa, khususnya kepada Bung Karno dan Bung Hatta sebagai pendiri bangsa.

“Dan ini sekali lagi menjadi penghormatan kita semuanya kepada para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa,” ungkap Presiden.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti, menjelaskan bahwa Taman Kusuma Bangsa dirancang khusus sebagai tempat untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan Indonesia

BACA JUGA: Kanwil BPN Kaltim Lepas Tangan Ganti Rugi Lahan Warga Terdampak Bandara VVIP IKN, Katanya:…

BACA JUGA: Peringati HUT RI Ke-79, Pemkab Mahulu Bakal Gelar Pawai Obor

Taman ini akan menjadi lokasi acara renungan suci setiap tanggal 17 Agustus pada pukul 00.00 WIB. 

“Taman Kusuma Bangsa ini adalah tempat untuk kita menghormati pahlawan-pahlawan Indonesia dan ini dilakukan nanti pada saat 17 Agustus jam 00.00 biasanya akan ada selalu acara renungan suci,” jelas Diana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: