Peringati HUT RI Ke-79, Pemkab Mahulu Bakal Gelar Pawai Obor

Peringati HUT RI Ke-79, Pemkab Mahulu Bakal Gelar Pawai Obor

Pemkab Mahulu saat rapat persiapan HUT RI ke-79.-iswanto/disway-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM -  Pemkab Mahulu bakal melaksanakan acara pawai obor pada peringatan HUT RI ke-79, 17 Agustus mendatang.

Asisten I Pemkan Mahulu, Agustinus Teguh Santoso menjelaskan bahwa, tujuan kegiatan pawai obor yang bakal dilaksanakan itu untuk mengenang jasa para pahlawan. Sehingga dapat diteladani oleh generasi muda, terutama di Mahulu.

Menurutnya, pawai obor tersebut mengisahkan perang gerilya yang dilaksanakan malam hari, pada zaman dahulu dan bertempat di tengah hutan.

BACA JUGA:KPU Mahulu Tetapkan 27.909 DPS untuk Pilkada 2024

“Ini perjuangan yang biasanya dikenang melalui kegiatan pawai obor itu,” jelas Teguh, Senin (12/8/2024) saat melaksanakan rapat pemantapan kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut nantinya melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anak sekolah dan masyarakat umum di Mahulu.

“Melalui kegiatan tersebut, kita juga ingin  agar rasa nasionalisme di tengah masyarakat semakin meningkat, gigih dan pantang menyerah dalam berjuang,” kata Agustinus.

BACA JUGA:Pendaftaran Calon Bupati Sebentar Lagi Dibuka, KPU Mahulu Sosialisasikan Syarat Pencalonan

Kata Agustinus, kegiatan ini sebenarnya sudah kerap dilakukan Pemkab Mahulu saat menjelang HUT Kemerdekaan, namun sempat terputus pada tahun 2021 karena pandemi Covid-19.

Kemudian, pada peringatan HUT RI kali ini, pelaksanaan detik-detik proklamasi akan mengikuti agenda yang dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN). Pemkab Mahulu akan menyesuaikan, meskipun hanya mengikuti via zoom.

Selanjutnya, Pemkab Mahulu juga bakal melaksanakan malam syukuran untuk merefleksikan 79 tahun Indonesia merdeka dan menyiapkan gagasan-gagasan Pemkab Mahulu untuk IKN.

BACA JUGA:Puluhan Warga di Mahulu Dapat Bantuan Barang Usaha dari Dinsos Kaltim

“Kami dari Pemkab Mahulu perlu menyesuaikan waktu KN. Jadi nanti gabungnya lewat zoom,” ujarnya.

Kemudian, Peserta upacara di Pemkab Mahulu juga nantinya diwajibkan untuk mengenakan dress code bernuansa budaya sesuai adat istiadat masing-masing suku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: