Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Siap Beroperasi pada 17 Agustus

Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Siap Beroperasi pada 17 Agustus

Penampakan Kereta Otonom Tanpa Rel di KIPP IKN-Disway/Salsa-

IKN, NOMORSATUKALTIM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merencanakan kereta tanpa rel atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan beroperasi pada 17 Agustus 2024.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga mengatakan, rencana tersebut saat ini masih akan menunggu hasil proses uji coba dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kapasitas kereta tanpa rel mampu menampung lebih dari 200 orang. Ada yang duduk ada yang berdiri, tapi total kurang lebih 200 orang," sebut Danis H Sumadilaga saat diwawancarai Nomorsatukaltim di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Jumat (9/8/2024).

Pria yang populer disapa Danis itu menyebut, Kemenhub akan melakukan proses uji coba internal sarana dan prasarana rangkaian.

“Agenda uji coba hari ini akan difokuskan untuk melihat efektivitas rangkaian berjalan di rute sepanjang kawasan Sumbu Barat hingga Sumbu Timur,” ujarnya.

Adapun saat ini, terdapat 2 armada yang tersedia. Masing-masing rangkaian terdiri dari 3 trainset.

BACA JUGA : Puluhan Anggota Paskibraka HUT RI ke-79 di IKN Tiba di Balikpapan

"Pemberhentiannya ada 4 titik halte, satu di belakang kita (depan Kemenko 4), kemudian dekat Hotel Nusantara, dan di dekat Bank Indonesia, satu lagi di depan Kemenko 3," tuturnya.

Diketahui, kereta otonom tanpa rel sudah diuji coba pada Senin lalu di IKN Nusantara.

 

 

Menteri Perhubungan (Menhub) pun berharap ART dapat menjadi Ikon transportasi IKN.

“Semoga ART akan menjadi ikon transportasi IKN, karena memiliki keunggulan tidak menggunakan rel melainkan mengidentifikasi adanya marka jalan,” kata Budi Karya Sumadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: