Jelang HUT RI Ke-79, Kesbangpol Mahulu Imbau Warga Pasang Bendera Merah Putih di Rumah

Jelang HUT RI Ke-79, Kesbangpol Mahulu Imbau Warga Pasang Bendera Merah Putih di Rumah

Ilustrasi bendera merah putih di rumah.--

MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mahulu mengimbau masyarakat memasang bendera merah putih di halaman rumah, guna memeringati HUT RI ke-79.

Pemasangan bendera itu dilakukan mulai 1-31 Agustus 2024. Sekretaris Kesbangpol Mahulu, Ngadino, mengatakan pengibaran bendera merah putih di bulan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa pahlawan. Dan tentu untuk meningkatkan semangat nasionalisme bangsa.

“Sekarang kan sudah masuk bulan Agustus, bulan kemerdekaan. Jadi kami mengimbau masyarakat Mahulu untuk memasang bendera merah putih di halaman rumah masing-masing,” seru Ngadino, Kamis (1/8/2024).

BACA JUGA:Akses Internet Mahulu Sulit, Penerapan Kurikulum Merdeka Tak Lancar

Di momen kemerdekaan ini, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan semangat patriotisme dan semangat nasionalisme bangsa. Pemasangan bendera merah putih tentu saja tidak hanya dilakukan di rumah-rumah warga, tapi juga di seluruh kantor pemerintahan maupun swasta.

Dengan demikian, pengibaran bendera merah putih menjadi penting untuk dilakukan oleh seluruh warga. Sebab itu merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu bangsa.

“Pengibaran bendera merah putih ini sebagai wujud kita dalam menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini,” terangnya.

BACA JUGA:Akses yang Sulit, Jadi Kendala Pengembangan Atlet di Mahulu

Dalam waktu dekat, Kesbangpol Mahulu juga bakal membagikan bendera merah putih gratis kepada seluruh masyarakat di lima kecamatan se-kabupaten Mahulu. Kata Ngadino, pembagian bendera tahun ini dipastikan mengalami peningkatan, dari yang sebelumnya 500 lembar menjadi 1.000 lembar bendera.

Rencana pembagian bendera tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan masyarakat, terutama masyarakat di wilayah kabupaten Mahulu yang merupakan kawasan perbatasan.

“Nanti pembagian bendera itu sekaligus dengan pengukuhan anggota paskibraka, secara simbolis dilaksanakan di Ujoh Bilang,” ujarnya.

BACA JUGA:Antisipasi Kerawanan Pilkada 2024, Polres Mahulu Rutin Latihan Dalmas

Disinggung terkait kegiatan selama bulan Agustus, Ngadino mengaku masih berkoordinasi dengan unsur pimpinan daerah.  Namun yang pasti akan ada kegiatan, meskipun tak seramai seperti di kota-kota lain.

“Nanti akan ada kegiatan seperti tampilan seni budaya. Tapi kami masih menunggu arahan pimpinan (Bupati Mahulu),” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: