Antisipasi Kerawanan Pilkada 2024, Polres Mahulu Rutin Latihan Dalmas

Antisipasi Kerawanan Pilkada 2024, Polres Mahulu Rutin Latihan Dalmas

Personel Polres Mahulu saat melaksanakan latihan Dalmas jelang Pilkada 2024 (Iswanto-Disway Kaltim).--

MAHAKAM ULU, NOMORSATUKALTIM - Personel Polres Mahakam Ulu (Mahulu) mulai melakukan persiapan untuk mengantisipasi potensi kerawanan Pilkada 2024.

Salah satu persiapan yang tengah dilakukan yakni, dengan melaksanakan pelatihan pengendalian massa (Dalmas) dengan diikuti puluhan personel.

Kapolres Mahakam Ulu, AKBP Anthony Rybok mengatakan, latihan Dalmas ini sangat penting, sehingga  semua personel memiliki persiapan dan respon cepat dalam menjaga keamanan selama proses Pilkada 2024, terutama di wilayah hukum Polres Mahulu.

BACA JUGA : Syarifah Masitah Terancam Ditinggal Partai Sendiri, PKB-Golkar Kompak Usung Fahmi Fadli

“Latihan ini rutin kami laksanakan, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama berlangsungnya Pilkada serentak 27 November nanti,” jelas Kapolres Mahulu, Jumat (26/7/2024).

Selama proses pelatihan, Personel Samapta diberikan berbagai materi, termasuk teknik dan strategi dalam menangani unjuk rasa serta situasi darurat lainnya yang berpotensi timbulnya kerusuhan dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh personel siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, baik dalam bentuk unjuk rasa damai, maupun situasi yang lebih kritis," ujarnya.

BACA JUGA : Penipuan Masuk Polri Jalur Khusus Sebut Keterlibatan Jenderal Bintang Dua

Kemudian, latihan ini juga bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan kerjasama antar personel serta meningkatkan profesionalisme dalam bertugas. 

Dengan latihan ini juga, diharapkan Polres Mahakam Ulu dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan memastikan situasi tetap kondusif selama pilkada  berlangsung.

Latihan Dalmas ini akan dilaksanakan secara berkala hingga mendekati hari pelaksanaan Pilkada pilkada, sehingga semua personel memiliki persiapan yang matang.

Menurut Anthony, Pilkada merupakan bagian dari pembangunan  politik dan demokrasi di dalam kehidupan bermasyarakat.

BACA JUGA : Terduga Penipu Penjual Tiket Konser Sheila On 7 Ditangkap, Polisi Masih Dalami Keterangan Korban

Karena itu, ia mengimbau masyarakat  untuk tetap menjaga kondusifitas, sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan tentunya diharapkan dapat melahirkan figur pemimpin yang mampu membawa Mahulu ke arah yang lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: