Wilayah Perairan Juga Diamankan Jelang HUT RI Ke-79 di IKN

Wilayah Perairan Juga Diamankan Jelang HUT RI Ke-79 di IKN

Strategi pengamanan HUT RI ke-79 di IKN oleh Polda Kaltim, mulai dari kesiapan personel hingga kendaraan operasional.-Humas Polda Kaltim-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Dalam rangka memeringati HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada 17 Agustus 2024, Polda Kalimantan Timur telah menyiapkan lebih dari 2.000 personel polisi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Yulianto. Ia menjelaskan bahwa personel tersebut berasal dari berbagai kesatuan, termasuk Polda, Polres, Polsek, dan Brimob.

"Lebih dari 2000 personel kami libatkan, mulai dari jajaran Polda hingga Brimob," kata Yulianto melalui pesan singkat WhatsApp pada Jumat (16/8/2024).

BACA JUGA:Isran Noor Dapat Dukungan dari Ormas Perpedayak Nusantara

Namun, pengamanan kali ini tidak hanya berfokus pada darat saja. Polda Kaltim juga mengerahkan empat unit helikopter yang siap siaga untuk mendukung mobilitas dalam upacara kemerdekaan tersebut.

Menurut Yulianto, helikopter-helikopter ini didatangkan dari Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri, dengan para pilot yang berasal dari Direktorat Polisi Udara Korps Polairud Baharkam.

"Setiap helikopter punya peran penting, seperti AW 189/P-7001, AW 169/P-3309, dan AW 169/P-3305 akan mengangkut tamu VIP, sementara AS 365 N2/P-3103 akan bertugas sebagai ambulans udara," jelas Kombes Pol Yuliyanto.

Pengamanan ini, lanjut Kombes Pol Yulianto, tidak terbatas pada udara dan darat karena wilayah perairan juga menjadi salah satu fokus perhatian.

BACA JUGA:Rumah Panggung di Balikpapan Roboh Akibat Hujan Deras, Satu Penghuni Terluka

Untuk itu, Polda Kaltim pun menyiagakan lima kapal untuk mengamankan jalur yang akan dilalui para tamu VVIP dan VIP. Kapal-kapal ini terdiri dari dua Kapal Pemburu Cepat (KPC), dua kapal sea rider yang mampu menjelajah perairan dangkal seperti pantai dan teluk, serta satu kapal pendukung.

"Sebanyak 20 personel Polairud akan berpatroli selama empat jam setiap hari, dengan rute dari Dermaga Polairud hingga Jembatan Pulau Balang," tutur Yuliyanto.

Selanjutnya, pengawalan tamu VVIP dilakukan dengan sangat ketat, melibatkan personel dari luar Polda Kaltim yang sudah beradaptasi sejak kedatangan mereka di Kalimantan Timur.

BACA JUGA:Segini Pasokan Listrik Untuk Perayaan HUT RI ke-79 di IKN

Sementara itu, untuk mengantisipasi cuaca terik di hari upacara, Kombes Pol Yuliyanto menyatakan bahwa personel yang bertugas telah dilatih fisik dan mental, termasuk menjalani latihan upacara di siang hari di Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: