17 Dentuman Meriam Iringi Peringatan HUT RI Ke-79 di Tenggarong

17 Dentuman Meriam Iringi Peringatan HUT RI Ke-79 di Tenggarong

Suasana peringatan HUT RI ke-79 di halaman kantor Bupati Kukar, Sabtu 17 Agustus 2024.-gatan/disway-

KUKAR, NOMORSATUKALTIM – Rintik hujan membasahi tanah Tenggarong, Kukar, tepat saat detik-detik peringatan HUT RI di halaman kantor Bupati Kutai Kartanegara, Sabtu 17 Agustus 2024.

Dengan mengusung tema "Dari Kutai Kartanegara untuk Nusantara Baru, Indonesia Maju", upacara ini diawali dengan prosesi kirab menggunakan kereta kencana. Iring-iringan berangkat dari Jam Bentong menuju halaman kantor Bupati. Membawa duplikat Sang Saka Merah Putih dan salinan teks Proklamasi.

Setibanya di lokasi, duplikat bendera dan teks Proklamasi diserahkan kepada Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara, Sunggono. Setelah penyerahan duplikat Merah Putih dan salinan teks Proklamasi, dentuman meriam sebanyak 17 kali bergema di seluruh areal upacara. Menandai detik-detik penting dalam sejarah bangsa.

BACA JUGA:Peringati HUT Republik Indonesia Ke-79, Masyarakat Sipil Bentangkan Spanduk “Indonesia Is Not For Sale”

Farida, Ketua DPRD Kukar sementara, mendapat kesempatan untuk membacakan teks Proklamasi. Upacara ini dipimpin langsung oleh Edi Damansyah, Bupati Kutai Kartanegara, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu, Kapten Infanteri Auro Eddy Zakaria bertanggung jawab sebagai Komandan Upacara.

Dalam wawancara setelah upacara, Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan rasa bangganya atas peringatan hari bersejarah ini.

BACA JUGA:8 Peserta Upacara HUT RI di Balikpapan Pingsan Sebelum Bendera Berkibar

"Hari ini, kami bersama seluruh komponen masyarakat memperingati kemerdekaan bangsa kita dengan penuh kebanggaan dan semangat juang," ujarnya.

Edi juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. "Mari kita semua terus menjaga persatuan Negara Republik Indonesia dan bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik lagi, khususnya di Kutai Kartanegara," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: