Perayaan Harkopnas ke-77, Berbagai Produk Unggulan Koperasi dan UMKM Terpajang di Pentacity Mall

Perayaan Harkopnas ke-77, Berbagai Produk Unggulan Koperasi dan UMKM Terpajang di Pentacity Mall

Suasana pameran UMKM dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional di Pentacity Balikpapan, Jumat (26/7/2024). (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dinas Koperasi UMKM dan Perindustri (DKUMKMP) menggelar Expo UMKM dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77, di Pentacity Mall Balikpapan pada Jumat (26/7/2024).

Berbagai produk unggulan dari koperasi dan UMKM di Balikpapan dipamerkan dalam acara ini, mulai dari produk kuliner, busana, hingga aksesoris. 

Pameran ini menarik perhatian banyak pengunjung dengan berbagai produk yang ditawarkan.

Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Balikpapan, Neny Dwi Winahyu, menegaskan bahwa tema Harkopnas kali ini adalah "Koperasi sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi, dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil".

BACA JUGA : Pemprov Kaltim Bantah Anaktirikan Infrastruktur di Mahulu

Neny mengajak seluruh pihak untuk merenungkan peran penting koperasi dalam menghadapi tantangan ekonomi, pangan, energi, iklim, dan geopolitik.

"Lebih dari 99% pelaku usaha di tanah air adalah usaha mikro, yang seringkali belum mendapatkan akses pembiayaan formal, inovasi, dan teknologi," ungkapnya.

Neny juga menekankan pentingnya koperasi dalam membantu usaha mikro tumbuh menjadi usaha kecil dan menengah serta terhubung dengan rantai pasok industri nasional.

Disamping itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro Menengah dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan, Heru Ressandy Kusuma, mengungkapkan bahwa Expo UMKM Harkopnas tahun ini melibatkan 35 koperasi dan lebih dari 100 UMKM.

BACA JUGA : Pemprov Kaltim Gelar Welcome Dinner Peserta EBIFF

 

 

Heru menyatakan bahwa para peserta berasal dari berbagai wilayah dan didukung oleh sponsor serta kelompok forum Balikpapan, termasuk sekolah-sekolah yang memiliki koperasi dan produk unggulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: