Polsek Kuaro Berdayakan Pelaku Usaha Melalui Pojok UMKM Presisi

Polsek Kuaro Berdayakan Pelaku Usaha Melalui Pojok UMKM Presisi

Kapolres Paser, AKBP Yusep Dwi Prastiya (tiga dari kiri) didampingi Kapolsek Kuaro, Iptu Andi Ferial Junaidy meresmikan pojok UMKM Presisi Wichaksana Laghawa.-Awal/Disway-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Polsek Kuaro turut andil membantu memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di  Paser. Di antaranya dengan menyediakan fasilitas pojok UMKM Presisi Wichaksana Laghawa.

Pojok UMKM berada di bilangan traffic light atau dekat Polsek Kuaro, Jalan Negara, diresmikan Kapolres Paser, AKBP Yusep Dwi Prastiya. Terdapat 7 stand UMKM dan 1 diantaranya untuk pencucian sepeda motor.

"Ini sebuah inovasi yang sangat baik, memfasilitasi pelaku UMKM untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata Yusep, Selasa (9/7/2024).

Kata Yusep, dengan ramainya nanti pojok UMKM itu secara perlahan bakal merubah pandangan masyarakat yang masih menganggap jika ke Polres ataupun Polsek pasti terkait masalah.

BACA JUGA:Pemkab Paser akan Rehab 173 Unit Rumah Warga Kurang Mampu

"Tak lagi berpikir ke Polsek ngapain dan ada masalah apa, nyatanya bisa ngopi dan cuci motor, serta bisa berkontribusi bantu perekonomian masyarakat," sambungnya.

Ia bilang, Polri adalah bagian dari masyarakat dan memiliki fungsi yang sangat luas, polisi bukan hanya sebatas penegak hukum. "Tetapi Polri juga mitra masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas," terang Yusep.

Sementara itu, Kapolsek Kuaro, Iptu Andi Ferial Junaidy, mengatakan pojok UMKM Presisi Wichaksana Laghawa merupakan inovasi dari Polsek Kuaro yang merupakan inisiasi dari Polres Paser. Dimana polisi penggerak UMKM diminta untuk mengembangkan program-program di kecamatan.

"Ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, ekonomi kreatif, dan ekomoni kesejahteraan dari personel Polsek Kuaro, karena dari tujuh lapak satu diantaranya digunakan personel untuk usaha cuci motor," tutur Ferial.

BACA JUGA:Peningkatan Jalan Long Ikis-Long Kali Dilakukan Kontinyu

Dalam memfasilitasi pelaku UMKM untuk berjualan atau mempromosikan produk, dikatakannya bekerja sama dengan Disperindagkop, khususnya pembinaan, penyuluhan ataupun pelatihan.

"Selain kita sebagai Polri yang memelihara Kamtibmas, beberapa kegiatan juga selalu merangkul UMKM dan diwujudkan dengan adanya pojok UMKM," terang Ferial.

Dirinya menghaturkan kepada semua pihak yang terlibat dalam terbangunnya Pojok UMKM Presisi Wichaksana Laghawa.

Di tempat yang sama, Camat Kuaro, Finandar Astaman, mengungkapkan, hadirnya pojok UMKM Presisi tidak hanya sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pelaku usaha, namun juga sebagai bentuk sinergitas antara polsek maupun unsur muspika di Kecamatan Kuaro.

"Kami tentu terus berupaya untuk tetap berkoordinasi guna membangun sinergitas di lingkungan Kecamatan Kuaro, terlebih lagi dalam menjaga dan merawat kamtibmas," tambah Finandar.

BACA JUGA:Pembangunan Jembatan Sungai Sangar Paser Telan Anggaran Rp 19,6 Miliar

Dalam kegiatan itu juga dirangkai dengan peresmian Pondok Presisi Wichaksana Laghawa, disertai dengan penayangan profil Polsek Kuaro yang saat ini bersaing dalam Kompolnas Awards.

Kemudian, kegiatan diakhiri dengan peninjauan area kawasan ketahanan pangan di area persawahan Desa Padang Jaya, diinisiasi oleh Andi Ferial. Di lokasi ini ditanami jagung dan budidaya ikan air tawar yang diperuntukkan untuk masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: