Peringati HANI 2024, Akmal Malik Janjikan Langkah Agresif Perangi Narkoba

Peringati HANI 2024, Akmal Malik Janjikan Langkah Agresif Perangi Narkoba

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik berbicara dalam puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024.-(Foto/Istimewa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Pada momentum Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik mengajak seluruh masyarakat untuk selalui menjaga orang tersayang dari barang haram narkoba.

Menurut Akmal, Kalimantan Timur berdekatan dengan lalu lintas narkoba jaringan internasional.

Sehingga, kata Pj Gubernur Kaltim, pemerintah daerah perlu bekerja lebih keras untuk mengurangi angka penyalahgunaan narkotika di wilayah Benua Etam -- nama lain Kaltim. 

Akmal Malik mengakui bahwa selama ini Kaltim menjadi pasar yang cukup bagus bagi para pengedar narkotika. Sebab, secara geografis, Kaltim dekat dengan salah satu jalur narkoba yang melintas dari Cina melalui Malaysia menuju kawasan Pasifik.

BACA JUGA: Sejumlah Elemen Masyarakat Tuntut Pengadilan Terapkan Hukuman Kebiri Kimia 

“Mudah-mudahan momentum ini akan menjadi pengingat betapa bahayanya narkoba,” ucapnya.

Pada momentum HANI 2024 ini, pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri tersebut menyatakan komitmennya untuk menanggulangi peredaran narkotika melalui langkah-langkah preventif yang lebih agresif.

Salah satunya, pemerintah harus berani mengambil langkah-langkah lebih proaktif dalam menanggulangi peredaran narkoba. 

BACA JUGA: Jalankan Putusan MK, KPU Samarinda Hitung Ulang Surat Suara dari 41 TPS

Meskipun diakui, anggaran yang tersedia terbatas, namun pihak berwenang harus berkomitmen untuk mengalokasikan sumber daya yang cukup untuk memperkuat infrastruktur seperti rehabilitasi dan pendidikan anti narkoba. 

Untuk diketahui, pada puncak peringatan HANI 2024, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) menggelar serangkaian kegiatan dengan tema "Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar". 

Kegiatan ini bukan sebuah perayaan, melainkan momen penting untuk merenungkan dampak negatif narkotika dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

BACA JUGA: DPRD Kaltim Desak Pemprov Segera Selesaikan Proses Transisi Aset Lahan

Di Kalimantan Timur sendiri, acara peringatan HANI 2024 dipusatkan di Gedung Serbaguna Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah, Samarinda, pada Rabu, 26 Juni 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: