Pastikan Pembangunan Infrastruktur Menyentuh Desa dan Kelurahan, Bupati Paser Tinjau Tiga Titik di Long Ikis

Pastikan Pembangunan Infrastruktur Menyentuh Desa dan Kelurahan, Bupati Paser Tinjau Tiga Titik di Long Ikis

Bupati Paser, Fahmi Fadli (baju putih) saat meninjau Pasar Rabu. (Prokopim Paser)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Peningkatan kualitas di lingkungan desa dan kelurahan getol dilakukan Pemkab Paser.

Mulai infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) hingga fasilitas penunjang lainnya.

Guna memastikan pembangunan berjalan dengan baik, bupati Paser intens dilakukan peninjauan langsung di lapangan.

Teranyar, Bupati Paser, Fahmi Fadli meninjau setidaknya tiga titik di Kecamatan Long Ikis. Yakni Pasar Rabu, Gang Bugis, dan Kantor Kelurahan Long Ikis.

"Peninjauan ini dilakukan menindaklanjuti hasil berkaitan kesiapan Kelurahan Long Ikis untuk mengikuti lomba kelurahan tingkat Nasional mewakili Kaltim," kata Fahmi, Selasa (25/6/2024).

BACA JUGA : Ketersediaan Lahan Jadi Kendala Pemkab Paser untuk Menata Pedagang Kaki Lima

Pasar Rabu yang terletak di RT 4, RW 2, Kelurahan Long Ikis tersebut akan dilakukan penataan ulang, agar tak terlihat kumuh. Selain itu, juga akan dilakukan peningkatan badan jalan masuk pasar, parkiran, halaman pasar, perbaikan kios, pengadaan bak sampah, dan wastafel cuci tangan. 

"Kalau untuk Pasar Rabu ini akan diperbaiki, ditata dan dirapikan, untuk menghilangkan kesan kumuh. Tentu perbaikan dan pembagian ini tidak hanya untuk persiapan lomba saja, kedepannya akan terus dilakukan pembangunan secara berkelanjutan dan bertahan," ucap Fahmi.

Berkaitan dengan Gang Bugis RT 2 RW 2 Kelurahan Long Ikis, juga akan dilakukan perbaikan sejumlah bangunan, fasilitas umum (fasum), dan pembangunan fasilitas baru berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH) disekitar lapangan bola voli.

BACA JUGA : KPU Paser Lakukan Penghitungan Surat Suara Ulang di Empat TPS

Kemudian, peningkatan badan jalan masuk Gang Bugis, Pembangunan gapura masuk Gang Bugis, menjalankan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, dan peningkatan jembatan dari kayu menjadi jembatan beton.

Kemudian, renovasi bangunan Sekolah Dasar 011 Long Ikis dan pengadaan cet untuk mewarnai sejumlah bangunan disitu agar terlihat lebih bersih, rapi, dan indah dipandang.

Setelah itu juga dilakukan peninjauan terhadap kantor Kelurahan Long Ikis. Baik terkait bangunan, infrastruktur, program, maupun fasilitas penunjang lainnya.

"Kami sudah melihat secara langsung situasi di lapangan, apa yang kira-kira bisa kita lakukan dalam waktu yang singkat ini, untuk memberikan dukungan dalam rangka penilaian terhadap Kelurahan Long Ikis ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: