Jokowi Buka Rakernas Apeksi XVII di Balikpapan: Kota Masa Depan Harus 'Hijau, Cerdas dan Ramah'

Jokowi Buka Rakernas Apeksi XVII di Balikpapan: Kota Masa Depan Harus 'Hijau, Cerdas dan Ramah'

Menumbuk lesung menjadi simbol pembukaan Pembukaan APEKSI XVII yang berlangsung di BSCC Dome, Balikpapan pada Selasa (4/6/2024).-(Foto/Humas Pemkot Balikpapan)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVII di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), pada Selasa (4/6/2024).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya perencanaan kota yang matang mengingat proyeksi pada tahun 2045, sekitar 70 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan. 

Sementara itu, secara global pada tahun 2050, diprediksi 80 persen populasi dunia akan tinggal di daerah perkotaan. Hal ini akan memberikan beban yang berat pada seluruh kota di Indonesia.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Dijadwalkan Mulai Berkantor di IKN pada Akhir Juni

Jokowi juga mengingatkan agar kota-kota di Indonesia tidak mengalami kemacetan dan kepadatan yang mencekam seperti beberapa kota besar di Eropa. 

“Kita tidak ingin itu terjadi di Indonesia. Kita ingin semua kota di Indonesia nyaman dihuni, liveable, loveable, di mana orang senang berkunjung dan kembali, serta penduduknya memberikan pelayanan publik yang baik dan mencintai kotanya,” ujar Presiden Joko Widodo dalam pidatonya, Selasa (4/6/2024).

Jokowi juga menyoroti kemacetan yang mulai melanda banyak kota di Indonesia seperti Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Medan.

BACA JUGA: IKN Bawa Angin Segar Industri Otomotif di Balikpapan 

Untuk mengatasi masalah ini, Ia menegaskan pentingnya perencanaan transportasi massal yang efektif, meskipun investasi seperti MRT cukup mahal. 

"Kita harus mempersiapkan rencana transportasi umum dan massal dari sekarang untuk menghindari kemacetan parah di masa depan," jelasnya. 

Selain itu, Jokowi menekankan perlunya merubah paradigma pembangunan kota yang lebih mengedepankan fasilitas pejalan kaki, ramah disabilitas, bersepeda, serta mendukung perempuan dan anak, serta lingkungan hijau.

BACA JUGA: Golkar Kukar Mulai Seleksi Kandidat yang Maju Pilkada 2024

“Kota yang baik adalah kota yang hijau, cerdas, dan ramah bagi semua orang. Jangan sampai pembangunan kota hanya penuh dengan beton,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, menyatakan bahwa Rakernas Apeksi XVII merupakan momen penting untuk konsolidasi internal antar pemerintah kota di seluruh Indonesia, khususnya para wali kota. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: