Presiden Jokowi Dijadwalkan Mulai Berkantor di IKN pada Akhir Juni

Presiden Jokowi Dijadwalkan Mulai Berkantor di IKN pada Akhir Juni

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Andreas Bjelland Eriksen beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu, 2 Juni 2024.-(Foto/BPMI Setpres)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Presiden Joko Widodo dijadwalkan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juni atau awal Juli mendatang. 

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono yang kini merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN. 

Basuki menyebut bahwa Presiden Jokowi akan mulai berkantor di IKN setelah pasokan air baku tersedia. 

"Juni ini air sudah masuk. Sekarang lagi diambil pompanya. Tanggal 7 Juni sampai di Balikpapan, kita instal. Ini tanggal 3 Juni diambil (pompanya), 7 Juni (pompa) air sampai di Balikpapan, diinstal, mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli," kata Basuki, dilansir dari Antara, Senin (4/6/2024).

BACA JUGA: Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Mundur, Istana Sebut Dirangkap Menteri Basuki

Basuki menambahkan bahwa saat ini progres pembangunan IKN sudah mencapai 80 persen untuk tahap 1 dan 2 yang didanai dengan APBN. 

"Nanti Presiden mau ke IKN, jadi nginepnya bukan di camping lagi tapi sudah di rumah jabatan menteri, menunjukkan bahwa ini sudah siap. Itu yang dari APBN," jelasnya.

Presiden Jokowi saat ini berada di IKN untuk melakukan peletakan batu pertama sejumlah fasilitas. Agenda Presiden Jokowi di IKN dijadwalkan berlangsung sejak Senin hingga Rabu (5/6/2024) mendatang.

Kementerian PUPR memastikan bahwa pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana, dan Kantor Presiden tetap sesuai target. Diharapkan semua fasilitas ini dapat selesai dan dimanfaatkan untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

BACA JUGA: Dosen Unmul Ini Sebut Kepercayaan Publik Terhadap Ormas Agama Bisa Turun Kalau Ikut Kelola Tambang

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, akan menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara. Upacara tersebut akan berlangsung di lapangan Istana Kepresidenan yang berada persis di depan Istana Presiden, berhadapan dengan sumbu kebangsaan serta pemandangan lanskap seluruh kota IKN.

Tidak hanya lapangan Istana Kepresidenan, berbagai area IKN juga ditinjau demi mendukung kelancaran upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024. Istana Presiden, Memorial Park, dan hunian pekerja konstruksi nantinya menjadi tempat pendukung akomodasi saat upacara berlangsung.

Sebelumnya, Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, menyatakan bahwa Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN dapat fungsional pada Juli 2024. Danis memastikan bahwa setiap bangunan di IKN, termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden, sudah tersedia air, listrik, dan internet.

BACA JUGA: Ini Tanggapan Ormas Islam di Kaltim Soal Boleh Kelola Pertambangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: