Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Mundur, Istana Sebut Dirangkap Menteri Basuki

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Mundur, Istana Sebut Dirangkap Menteri Basuki

Bambang Susantono resmi mengundurkan diri sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN).-(Foto/Dok.Setneg)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono resmi mengundurkan diri dari jabatannya. 

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan pengunduran diri Bambang serta Wakil Kepala OIKN, Dhony Rahajoe, di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 3 Juni 2024.

"Beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Dhony Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN. Kemudian beberapa waktu berikutnya Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN," kata Pratikno dilansir dari Antara.

BACA JUGA: Pemerintah Bantah Tapera untuk IKN dan Makan Siang Gratis, Tapi Obligasi Negara

Sehubungan dengan pengunduran diri tersebut, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Surat Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari jabatan mereka. 

Pratikno menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kedua pejabat tersebut atas pengabdian mereka selama ini.

Sebagai langkah tindak lanjut, Presiden mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN.

BACA JUGA: Tegas Tolak Tapera, APINDO Buka Peluang Judicial Review ke MK 

Selain itu, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Raja Juli Antoni, diangkat sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

"Sekaligus Pak Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan mengangkat Wakil Menteri ATR sebagai Wakil Otorita IKN," ujar Pratikno.

Dalam arahannya, Presiden meminta Basuki dan Raja Juli untuk memastikan percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. Visi besar Nusa Rimba Raya harus diwujudkan dengan baik dan tepat waktu.

BACA JUGA: Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan akan Dihadiri Presiden Joko Widodo

 

Rekam Jejak Bambang Susantono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: