Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan akan Dihadiri Presiden Joko Widodo

Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan akan Dihadiri Presiden Joko Widodo

Konferensi Pers Rakernas APEKSI XVII Tahun 2024 di Balikpapan oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud, pada Selasa (28/5/2024).-(Ist/Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-17 dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akan diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, dari tanggal 3 hingga 6 Juni 2024 di BSCC Dome Balikpapan. Acara ini dipastikan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud, saat jumpa pers di Balai Kota, Selasa (28/5/2024).

BACA JUGA: Rp 50 Triliun Digelontorkan untuk Gaji ke-13 ASN yang Cair Juni ini

"Pak Presiden sudah terkonfirmasi untuk membuka acara APEKSI. Beliau juga diusahakan hadir pada gala dinner tanggal 3 Juni, dan pembukaan resmi oleh beliau akan dilakukan pada 4 Juni," ujar Rahmad Mas'ud.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa Rakernas APEKSI ini akan dihadiri oleh 98 kepala daerah, dimana 79 kepala daerah telah mengonfirmasi kehadiran mereka, sementara 11 sekretaris daerah juga telah menyatakan kesiapannya untuk hadir. Namun, masih ada 13 kepala daerah yang belum memberikan konfirmasi.

BACA JUGA: Densus 88 Buntuti Jampidsus, untuk Apa? Jokowi Sampai Turun Tangan

Menurut informasi yang dihimpun oleh Nomorsatukaltim, diperkirakan sekitar 5.000 rombongan akan menghadiri acara ini di kota minyak tersebut, yang tentunya menjadi peluang besar bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Balikpapan.

"Kami akan melibatkan sekitar 200 pelaku UMKM yang tersebar di beberapa lokasi, sehingga mereka dapat memaksimalkan usaha dan memberikan kesan positif kepada para pengunjung," jelas Rahmad.

BACA JUGA: Segini Potongan Bulanan Gaji Buruh di Kaltim untuk Program Tapera

Menjelang acara, lanjutnya, persiapan di Kota Balikpapan telah mencapai 99,9 persen. Selain rapat kerja, acara ini juga akan dimeriahkan dengan karnaval budaya yang menampilkan keberagaman budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kami mengajak masyarakat Kota Balikpapan untuk turut memeriahkan kegiatan ini," imbau Rahmad.

BACA JUGA: Sidang Praperadilan Digelar, Kuasa Hukum Yakin ME Tidak Bersalah

Wali Kota Rahmad Masud juga meminta agar warga Balikpapan, sebagai teras Ibu Kota Nusantara (IKN), tetap menjaga kondusifitas dan kebersihan kota.

"Sebagai beranda IKN, warga jangan hanya menjadi penonton," tutup Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: