Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Mundur, Istana Sebut Dirangkap Menteri Basuki

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Mundur, Istana Sebut Dirangkap Menteri Basuki

Bambang Susantono resmi mengundurkan diri sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN).-(Foto/Dok.Setneg)-

Bambang Susantono telah menjabat sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara sejak dilantik oleh Presiden Jokowi pada 10 Maret 2022. Ia diamanahkan jabatan tersebut untuk masa bakti 2022-2027.

Bambang memiliki rekam jejak panjang di pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan (Menhub) pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan dilantik sebagai Wakil Menhub dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II (2009-2014). 

BACA JUGA: Terungkap Alasan Pemerintah Beri Izin Ormas Kelola Tambang, Menteri LHK: Daripada Tiap Hari Proposal

Karir Bambang berawal di bidang transportasi. Ia pernah menduduki posisi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley pada tahun 1996.

Keahliannya di bidang transportasi dan infrastruktur membawa Bambang menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010. 

Setelah itu, ia ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perhubungan dalam Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014.

BACA JUGA: Segera Jadi Metropolitan, Warga Sekitar IKN Disarankan Tak Tergoda Jual Lahan

Setelah tidak lagi menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan, Bambang melanjutkan karirnya di luar negeri sebagai Vice President di Asian Development Bank (ADB). 

Di dunia akademik, ia menjadi pengajar dan pembimbing tesis pada Program Pascasarjana bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia (UI). Bambang juga terlibat dalam penelitian bersama 10 profesor mengenai fenomena transportasi di kota-kota megapolitan di Asia Timur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: