Jangan Tergiur Tawaran Haji Tanpa Antre! Keberangkatan Haji Tahun Ini Wajib Visa Haji

Jangan Tergiur Tawaran Haji Tanpa Antre! Keberangkatan Haji Tahun Ini Wajib Visa Haji

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap paspor calon Jamaah Haji di bandara, sebelum diterbangkan menuju Arab Saudi. -(Foto/Antara)-

BACA JUGA: Raja Arab Saudi Setujui Kuota 241 Ribu Jamaah Haji Indonesia Tahun Ini

Hilman mengakui bahwa antrean untuk haji saat ini sangat panjang seiring dengan tingginya minat masyarakat Indonesia dalam beribadah haji. Namun, masyarakat harus berhati-hati terhadap informasi yang menawarkan haji tanpa antrean. 

"Banyak yang telah tertipu dengan janji-janji haji tanpa antrean atau haji langsung berangkat. Penawaran semacam itu semakin marak di media sosial," ujarnya.

Arab Saudi juga telah menegaskan bahwa mereka akan menerapkan kebijakan yang lebih ketat pada haji 2024, termasuk dari segi kesehatan, visa, dokumen, dan lainnya.

BACA JUGA: DPRD Soroti Rendahnya Realisasi Penerimaan Pajak LKPj Bupati Paser 2023

“Akan ada banyak pemeriksaan di berbagai tempat. Diimbau kepada masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran keberangkatan haji tanpa antre yang menawarkan visa selain visa haji,” pesan Hilman.

Direktur Layanan Haji dalam Negeri pada Ditjen PHU Kemenag, Saiful Mujab, menambahkan bahwa saat ini mereka sedang menyiapkan dokumen dan memproses visa jemaah haji reguler Indonesia. 

Sampai saat ini, sekitar 23.000 jemaah sudah mendapatkan visa. Proses ini akan terus berlanjut hingga semua visa jemaah haji Indonesia terbit.

Selain itu, mereka juga sedang melakukan pemaketan layanan jemaah dan menyusun kelompok terbang. Jadwal penerbangan jemaah haji telah ditetapkan, baik dengan Saudia Airlines maupun Garuda Indonesia.

BACA JUGA: Gugatan Ganjar-Mahfud Juga Ditolak MK dalam Putusan PHPU Pilpres 2024

“Kami juga sedang melakukan penyiapan akhir asrama haji, baik sebagai embarkasi, transit, maupun embarkasi antara, untuk menerima jemaah,” sebutnya.

Kloter pertama jemaah haji dijadwalkan masuk asrama haji pada 11 Mei 2024 dan akan diberangkatkan ke Madinah mulai 12 - 23 Mei 2024. 

Sedangkan kloter kedua akan mulai masuk asrama haji pada 23 Mei 2024 dan diberangkatkan ke Jeddah mulai 24 Mei - 10 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: