Kloter Pertama Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan Tiba, Satu Orang Meninggal di Tanah Suci

Kloter Pertama Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan Tiba, Satu Orang Meninggal di Tanah Suci

Kedatangan jamaah haji kloter pertama dari embarkasi Balikpapan, Selasa (25/6/2024). -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Para jamaah haji kloter pertama yang berasal dari Embarkasi Haji Balikpapan telah tiba di Bandara SAMS Sepinggan, pada Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 10.26 Wita.

Kepala Seksi Haji Balikpapan, Suharto mengonfirmasi salah satu jamaah Haji asal Balikpapan yang tergabung dalam kloter 14, Muhammad Abdul Ghaffur, meninggal dunia di Arab Saudi

Almarhum meninggal setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Namun beliau telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan haji.

"Untuk jamaah kota Balikpapan yang tergabung dalam kloter 14, ada satu yang tertinggal di Arab Saudi karena meninggal dunia di rumah sakit setelah melakukan perawatan. Namun, yang bersangkutan sudah menyelesaikan kegiatan hajinya," jelas Suharto. 

BACA JUGA:Laporan Terkini! Seluruh Jemaah Haji Asal Mahulu Dalam Kondisi Sehat

Ia menerangkan bahwa almarhum Muhammad Abdul Ghaffur, yang berdomisili di sekitar Dome, Ringroad, Balikpapan, sudah berusia sekitar 70 tahun.

Suharto menambahkan bahwa almarhum berangkat bersama jamaah lansia dan didampingi keluarganya, yang saat ini masih berada di Arab Saudi dan akan kembali dengan kloter 14. 

"Kita akan langsung menghubungi keluarganya untuk mendapatkan konfirmasi lebih lanjut," tambahnya.

Tercatat bahwa hanya satu jamaah haji dari Balikpapan yang meninggal dunia. Tapi ada pula jamaah lain yang meninggal, namun bukan dari Balikpapan. Melainkan tergabung dalam kloter 18, yang kemungkinan berasar dari Paser atau Sulawesi Tengah. 

Untuk jamaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci, Suharto menjelaskan bahwa tetap akan dimakamkan di Arab Saudi. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya mengonfirmasi untuk kloter pertama jamaah Embarkasi Haji Balikpapan yakni 319 ditambah 6 petugas, sehingga 325 jemaah haji seluruhnya.

Sementara itu, General Manager Angkasa Pura, Ahmad Syaugi, mengonfirmasi bahwa operasional bandara berjalan lancar berkat kerjasama yang baik dari tim Garuda dan Gapura. 

Untuk pesawat yang digunakan para jamaah haji asal embarkasi Balikpapan ini menggunakan Airbus A340-313 Garuda Indonesia.

BACA JUGA:Bupati Kukar Serukan Pelayanan Prima untuk Jemaah Haji Lansia

BACA JUGA:Jamaah Haji Balikpapan Sehat Walafiat, Siap Wukuf di Arafah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: