Jamaah Haji Balikpapan Sehat Walafiat, Siap Wukuf di Arafah

Jamaah Haji Balikpapan Sehat Walafiat, Siap Wukuf di Arafah

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan, Masrivani. -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kementerian Agama Balikpapan mengabarkan seluruh jamaah haji asal Balikpapan dalam kondisi sehat dan siap menjalankan wukuf di Arafah. Meskipun ada pula yang mengalami penyakit ringan karena perbedaan cuaca.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan, Masrivani. Dirinya memastikan bahwa belum ada laporan mengenai jamaah haji asal Balikpapan yang mengalami sakit serius atau meninggal dunia.

"Semua jamaah dalam keadaan sehat," ujar Masrivani saat dikonfirmasi pada Sabtu (8/6/2024).

BACA JUGA:Pesan Bupati Paser Ke Calon Jamaah Haji: ‘Jaga Nama Baik Daerah’

Masrivani menjelaskan bahwa jika ada yang sakit, hanya penyakit ringan yang disebabkan oleh perbedaan cuaca, namun tidak mengganggu pelaksanaan ibadah.

"Saat ini mereka menunggu waktu untuk melaksanakan wukuf di Arafah," lanjutnya.

Dari total 2.723 jamaah haji asal Kalimantan Timur, 507 di antaranya berasal dari Balikpapan. Para jamaah tersebut dibagi ke dalam 19 kloter, dengan pemberangkatan pertama yang dilakukan pada 14 Mei, dilepas oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, dari Embarkasi Haji Balikpapan.

"Hari ini masih ada 63 calon jamaah haji dari Balikpapan yang akan berangkat," jelas Masrivani.

BACA JUGA:Isu Perubahan Iklim dan Manajemen Air di Balikpapan Turut Jadi Pembahasan Dalam Rakernas Apeksi

Kelompok 63 calon jamaah haji ini akan bergabung dengan calon jamaah dari kabupaten lain di Kaltim, termasuk Paser.  Masrivani juga menyatakan bahwa pada musim haji tahun ini, pihaknya menurunkan 9 tim kesehatan yang terbagi dalam tiga kloter.

"Setiap kloter didampingi oleh 3 tim kesehatan," ujarnya.

Selain itu, Ia mengatakan bahwa para jamaah juga didukung oleh satu tim kesehatan dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) untuk memastikan kondisi kesehatan jamaah tetap terjaga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: