Mahfud MD: Petani Makin Sedikit, Subsidi Pupuk Makin Besar, Pasti Ada yang Salah

Mahfud MD: Petani Makin Sedikit, Subsidi Pupuk Makin Besar, Pasti Ada yang Salah

Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD-(Tangkapan Layar/ Istimewa)-

BACA JUGA: Masih Bersengketa Hukum, Pemprov Kaltim Hentikan Sementara Pembongkaran Pagar RS Islam Samarinda

 

'Tembak' Dua Target

Dengan menyoroti subsidi pupuk dan food estate, Mahfud sepertinya sedang menembak dua target sekaligus, yakni menteri pertanian yang bertanggung jawab terhadap tata kelola pertanian, termasuk subsidi pupuk. Serta menteri pertahanan yang ikut menangani program food estate. 

Diketahui, jabatan Menteri Pertanian sempat dipegang oleh Syahrul Yasin Limpo sejak tanggal 23 Oktober 2019 hingga 6 Oktober 2023. Politisi Partai Nasdem tersebut akhirnya mengundurkan diri akibat tersandung hukum yang sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Partai Nasdem merupakan pengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar untuk Pemilu 2024.

Sementara terkait food estate, diketahui merupakan program di bawah tanggung jawab sejumlah kementerian. Salah satunya adalah Kementerian Pertahanan, yang dipimpin Prabowo Subianto.

Kementerian Pertahanan menggarap food estate singkong yang berada di Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Selain di Gunung Mas, ada sejumlah kawasan lain yang menjadi lokasi food estate. Di antaranya di Kabupaten Sumba Tengah, Gresik dan Temanggung. 

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan sejumlah masalah dalam proyek food estate tahun 2020.

Di antaranya, perencanaan kegiatan food estate dianggap belum berdasarkan data dan informasi yang valid dan belum sesuai dengan Perencanaan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) serta Sistem Budi Daya Pertanian Berkelanjutan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: