Polisi Bakal Tertibkan Pengendara dengan Knalpot Brong, Sekarang Sosialisasi Dulu

Polisi Bakal Tertibkan Pengendara dengan Knalpot Brong, Sekarang Sosialisasi Dulu

Personel Satlantas Polres Paser memperlihatkan jenis knalpot brong kepada kawula muda yang sedang ujian praktik SIM. -Awal/Disway-

PASER, NOMORSATUKALTIM – Personel Satlantas Polres Paser terus melakukan sosialisasi pencegahan pemakaian knalpot brong pada sepeda motor.

Di antaranya dengan mendatangi bengkel-bengkel, komunitas motor dan menyampaikan imbauan langsung kepada masyarakat, khususnya kawula muda.

Untuk bengkel motor di sejumlah tempat yang telah didatangi personel Satlantas Paser, diminta untuk tak memasang knalpot brong apalagi menjual, sembari diberikan pemahaman karena demi kenyamanan sesama pengguna jalan.

"Penggunaan knalpot brong atau knalpot bising ini mengganggu kenyamanan di jalan bagi pengendara lainnya," kata Kasatlantas Polres Paser, AKP Toni Joko Purnomo, Jumat 12 Januari 2024.

Sampai saat ini masih sekadar dilakukan sosialisasi atau imbauan tak menggunakan knalpot brong. Ia meminta kepada pemilik kendaraan yang motornya dipasang knalpot bising untuk rela melepas dan mengganti dengan yang sesuai standar.

"Kita memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melepas sendiri knalpot brong masing-masing dan menyerahkan kepada Satlantas, selanjutnya akan dilakukan pemusnahan," jelasnya.

Dirinya mengatakan, larangan penggunaan knalpot brong guna menciptakan tertibnya lalu-lintas. Katanya, kebisingan yang ditimbulkan dapat pula mengganggu ketenteraman warga sekitar, hingga dikhawatirkan adanya potensi gangguan Kamtibmas.

"Sudah ada perintah dari Kapolres untuk penindakan knalpot brong. Namun kalau masyarakat tak diimbau dan diingatkan pelanggaran (penggunaan knalpot brong) bakal selalu terulang kembali," tuturnya.

Polisi berharap peran serta semua pihak, mulai orang tua, tokoh masyarakat, pelaku usaha bengkel hingga pemilik kendaraan untuk tak memasang knalpot brong. Perihal, belum dilakukannya razia, diterangkannya dalam waktu dekat pasti dilakukan oleh personel Satlantas Polres Paser.

"Sekira dua pekan ke depan akan dilakukan," ucap Joko.

Adanya ETLE yang sudah terpasang di jalan protokol Kabupaten Paser diakuinya sangat membantu personel kepolisian melakukan penindakan. Selain itu, upaya lain yakni dengan patroli mobile menyasar knalpot brong.

"Ya dengan sosialisasi atau penyuluhan yang dilakukan salah satu langkah menciptakan kesadaran bersama tentang pentingnya tertib berlalu-lintas, sesama pengguna jalan merasa nyaman," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: