Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Mahulu Jalin Kerjasama dengan Ombudsman RI
Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh foto bersama usai penandatanganan MoU dengan Ombudsman RI.-(Ist./Nomorsatukaltim)-
MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) menjalin kerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia (RI) untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik, transparan, dan akuntabel.
Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh dan Kepala Ombudsman RI, Mokhammad Najih.
Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh menjelaskan bahwa kerjasama dengan lembaga pengawas penyelenggaraan pelayanan publik ini bertujuan memperkuat sinergi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Mulai dari percepatan penyelesaian laporan atau pengaduan masyarakat, pencegahan maladministrasi, serta pertukaran informasi antar pemerintah daerah dengan Ombudsman RI.
BACA JUGA: Pemkab Mahulu Gelar Bimtek Peningkatan SDM Pengelolaan Perpustakaan
Bonifasius mengatakan, pentingnya peran Ombudsman sebagai pengawas yang berfungsi untuk memastikan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik di daerah berpedoman pada standar yang telah ditetapkan.
Menurutnya, pelayanan publik yang baik merupakan amanah yang harus dilakukan bersama.
“Pemerintah daerah kabupaten/kota l, khususnya Kabupaten Mahulu berterima kasih kepada Ombudsman yang akan memberikan rekomendasi serta saran-saran perbaikan yang diperlukan demi peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah kami,” ucap Bonifasius, Kamis (5/9/2024).
Bupati Mahulu mewakili seluruh pimpinan pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim juga mengajak jajaran perangkat daerah untuk memanfaatkan kerja sama ini sebagai momentum untuk menjadi lebih proaktif dalam memperbaiki kualitas pelayanan.
BACA JUGA: Pemkab Mahulu Kaji Pertumbuhan Ekonomi Lokal, Persiapan sebagai Daerah Penyangga IKN
Kemudian, merespons pengaduan masyarakat dengan cepat dan tepat, serta memastikan bahwa hak-hak masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang baik dan layak dapat terpenuhi.
“Kami ucapkan terima kasih yang mendalam kepada Bapak Ketua Ombudsman RI. Kami berharap bahwa MoU yang kita tandatangani hari ini akan membawa manfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah kami,” ujarnya.
“Semoga ini menjadi langkah yang baik dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan pelayanan publik yang berkualitas prima yakni transparan, akuntabel, terukur, responsif dan terjangkau,” lanjut Bonifasius.
Sementara itu, Kepala Ombudsman RI, Mokhammad Najih, memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang telah menjalin kerjasama sebagai komitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: