Pemkab Mahulu Gelar Bimtek Peningkatan SDM Pengelolaan Perpustakaan

Pemkab Mahulu Gelar Bimtek Peningkatan SDM Pengelolaan Perpustakaan

Pemkab Mahulu saat melaksanakan kegiatan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan.-iswanto/disway-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM –  Pemkab Mahulu melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pengelolaan perpustakaan dan kearsipan di lantai I Kantor Bupati Mahulu, Selasa (3/9/2024).

Kegiatan yang diikuti puluhan tenaga perpustakaan dari sejumlah SD dan SMP se-kabupaten Mahulu itu dibuka oleh Asisten I Setkab Mahulu Agustinus Teguh Santoso yang pada kesempatan itu mewakili Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh.

Bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pengelolaan perpustakaan.

Agustinus Teguh Santoso mengatakan bahwa perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku.

BACA JUGA:Juan Jenau: Sebagai Ketua Pansus Pemekaran, Saya Ingin Mewujudkan Kesejahteraan Mahulu

BACA JUGA:Bawaslu Mahulu Awasi Pemeriksaan Kesehatan Tiga Bapaslon

Namun juga sebagai pusat ilmu pengetahuan, informasi, dan kebudayaan. Apa lagi di era digital ini, perpustakaan dituntut untuk beradaptasi dan menghadirkan inovasi dalam menyediakan akses informasi yang lebih luas dan mudah diakses oleh masyarakat.

“Perpustakaan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan bimbingan teknis ini, diharapkan para pengelola perpustakaan dapat memberikan layanan yang lebih optimal dan mampu menjawab tantangan dalam pengembangan perpustakaan,” kata Teguh Santoso.

Menurutnya, Bimtek ini tidak hanya untuk meningkatkan kapasitas tenaga pengelola perpustakaan, tapi juga diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung program literasi masyarakat.

BACA JUGA:Dukung Produksi Beras Lokal, Pemkab Mahulu Siapkan Anggaran Hingga Miliaran Rupiah

Literasi yang dimaksud bukan hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup kemampuan memahami, mengkritisi, dan memanfaatkan informasi dengan baik.

“Bimtek ini dinilai sebagai langkah strategis dalam upaya mengembangkan perpustakaan di Kabupaten Mahulu,” ujarnya.

Selanjutnya, Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, para peserta diharapkan dapat mengelola perpustakaan dengan lebih baik, sehingga dapat menjadi pusat pembelajaran dan tempat berkumpulnya komunitas untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Bimtek ini juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu melalui akses informasi yang inklusif dan merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: