Enam Negara Ikut Ramaikan EBIFF 2024 di Samarinda

Enam Negara Ikut Ramaikan EBIFF 2024 di Samarinda

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Ririn Sari Dewi saat diwawancarai langsung usai press conference bersama wartawan.-Salsabila/Disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Dinas Pariwisata Kaltim akan menggelar Festival Internasional bertajuk East Borneo International Folklore Festival (EBIFF), yang dihadiri enam negara pada 25-30 Juli 2024. Enam negara itu antara lain Amerika Serikat, Bulgaria, Polandia, Jepang, Korea Selatan dan Mesir.

"Enam negara itu telah mengonfirmasi siap hadir dalam EBIFF 2024 mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Ririn Sari Dewi

BACA JUGA:Rudapaksa Keponakan di Bawah Umur, Seorang Paman di Samarinda Ditangkap Polisi

Keenam negara itu juga mewakili kelompok seni masing-masing. Yakni Bulgaria sebanyak 25 personel dari kelompok seni Slavey, dari Mesir ada 14 personel yang mewakili kelompok seni TW-Egy Folk Troupe.

Selanjutnya, Jepang dengan 15 peserta yang mewakili kelompok seni Emotional Taiko Project, Korea Selatan dengan 21 peserta yang mewakili kelompok seni Arts In Busan. Kemudian Polandia dengan 32 peserta yang mewakili kelompok seni Warszawianka, dan Amerika Serikat dengan 25 personel yang mewakili kelompok seni Balley Montain Cloggers.

Ririn menyebut, terdapat partisipan seni dari berbagai daerah di Indonesia yang juga hadir di EBIFF 2024. Di antaranya dari Kabupaten Kolaka di Sulawesi Tenggara, dari Pinrang di Sulawesi Selatan, Palu di Sulawesi Tengah, Kulon Progo di Yogyakarta, Provinsi Kalimantan Utara, Bangka Belitung, dan kelompok seni dari DKI Jakarta.

BACA JUGA:Kembangkan Pariwisata Tidak Bisa Setengah-Setengah

Sementara, partisipan lokal dari Kaltim yaitu dari Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, Berau, Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara (PPU) dan partisipasi dari delapan paguyuban, serta 12 sanggar seni di Bumi Etam.

EBIFF sendiri akan dipusatkan di tiga lokasi di Samarinda. Yakni GOR Kadrie Oening, Creative Hub (Ex Bandara Temindung) dan di Kantor Gubernur Kaltim.

Adapun kegiatan dalam EBIFF antara lain kirab budaya, pementasan seni, dan beberapa kali kunjungan ke sejumlah lokasi, salah satunya perwakilan dari enam negara akan berkunjung ke Islamic Center.

Selain EBIFF, Dinas Pariwisara Kaltim juga menggelar agenda besar lainnya di waktu bersamaan. Yaitu Kaltim Expo 2024 yang digelar pada 25-30 Juli dan Kaltim Travel Fair (KTF) digelar pada 25-28 Juli yang dipusatkan di Samarinda.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: