Spanyol Pecahkan Rekor Keempat Piala Eropa usai Menang 2-1 Lawan Inggris

Spanyol Pecahkan Rekor Keempat Piala Eropa usai Menang 2-1 Lawan Inggris

Selebrasi pasukan La Roja usai memecahkan rekor keempat di ajang Piala Eropa.-(Foto/Getty Images)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Timnas Spanyol kembali mencatat sejarah dengan memenangkan gelar Euro 2024 setelah mengalahkan Timnas Inggris dengan skor 2-1 dalam partai final yang digelar di Stadion Olympiastadion, Berlin, Senin dini hari Wita, 15 Juli 2024. 

Kemenangan ini sekaligus pencapaian rekor keempat bagi La Roja di ajang Piala Eropa, setelah sebelumnya mereka berjaya pada edisi 1964, 2008, dan 2012. Hasil ini menjadikan mereka tim dengan jumlah trofi Euro terbanyak, melewati Jerman yang memiliki tiga gelar.

Dalam pertandingan ini, gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Nico Williams dan Mikel Oyarzabal, sementara Inggris sempat menyamakan kedudukan melalui Cole Palmer.

BACA JUGA: Coach Pieter Beri Porsi Latihan Ekstra Bagi Pemain yang Telat Bergabung

Babak Pertama yang Ketat

Babak pertama berjalan dengan tempo tinggi, namun kedua tim tampak berhati-hati dalam melakukan serangan. Spanyol lebih dulu mengambil inisiatif menyerang, dengan ancaman dari tendangan Nico Williams yang masih dapat diblok oleh John Stones. 

Peluang lain datang dari Robin Le Normand yang mencoba tendangan salto, namun bola masih menyamping dari gawang yang dijaga oleh Jordan Pickford.

Skuad asuhan Luis De La Fuente terus berupaya mencetak gol pertama, namun usaha mereka selalu dapat dihalau oleh pertahanan Inggris yang solid. 

Di sisi lain, Inggris mendapat peluang lewat tendangan Phil Foden menjelang akhir babak pertama, namun bola masih bisa diamankan oleh kiper Unai Simon. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

BACA JUGA: Stadion Olympic Mini Teluk Bayur Batal Direnovasi Tahun Ini

Gol Cepat di Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Spanyol langsung tancap gas dan berhasil mencuri gol cepat. Pada menit ke-47, Nico Williams mencetak gol setelah menerima umpan matang dari Lamine Yamal. Tendangan keras Williams menghujam gawang Inggris, mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Meski tertinggal, Inggris tidak tinggal diam. Mereka terus menekan pertahanan Spanyol dan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-73. 

Cole Palmer, yang baru saja masuk sebagai pemain pengganti, melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau oleh Unai Simon, membuat skor menjadi 1-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: