Inggris Lolos ke Final Euro 2024 Berkat Gol Watkins di Injury Time

Inggris Lolos ke Final Euro 2024 Berkat Gol Watkins di Injury Time

Selebrasi Ollie Watkins usai menjebol gawang Timnas Belanda di menit 91. -(Foto/Getty Images)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Timnas Inggris berhasil melaju ke final Piala Eropa 2024 setelah menang dramatis 2-1 atas Belanda pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion BVB, Dortmund, pada Kamis, 11 Juli 2024, dini hari WIB. 

Kemenangan ini diraih berkat gol Ollie Watkins di menit ke-91 yang memastikan tempat The Three Lions melaju ke partai puncak Euro 2024.

BACA JUGA: Mbappe Akui Tampil Buruk, Prancis Tumbang di Semifinal Euro 2024

Jalannya Pertandingan

Belanda membuka keunggulan lebih dulu melalui gol indah Xavi Simons di menit ketujuh. Simons mencuri bola dari Declan Rice, kemudian melesakkan tembakan akurat dari jarak 35 meter yang gagal diantisipasi kiper Inggris, Jordan Pickford. Gol ini membuat para pemain dan pendukung Belanda bergemuruh di stadion.

Namun, Inggris segera memberikan respons cepat. Harry Kane memaksa kiper Bart Verbruggen melakukan penyelamatan, dan beberapa saat kemudian, Kane mendapat penalti setelah wasit Felix Zwayer meninjau VAR dan memutuskan bahwa Denzel Dumfries melakukan pelanggaran. 

Kane dengan tenang mengeksekusi penalti ke sudut kiri bawah gawang Belanda, meskipun Verbruggen berhasil menebak arah bola, namun tidak mampu menahannya. Skor menjadi imbang 1-1 di menit ke-18.

BACA JUGA: 29 Atlet Indonesia Akan Bertanding di Olimpiade Paris 2024, Apa Saja Cabornya?

Berikutnya, pertandingan berlangsung kian sengit dengan kedua tim saling serang. 

Dumfries hampir membawa Belanda unggul kembali, namun tendangannya hanya membentur mistar gawang. Phil Foden juga hampir mencetak gol untuk Inggris, tetapi sepakannya mengenai tiang gawang.

Namun di menit ke-36, Pelatih Belanda, Ronald Koeman, terpaksa menarik keluar Memphis Depay yang cedera dan menggantikannya dengan Joey Veerman. 

BACA JUGA: Pengedar Narkotika Asal Samarinda Diringkus Polda Kaltim, Puluhan Gram Sabu Dimusnahkan

Di babak kedua, Koeman juga menarik Donyell Malen untuk digantikan Wout Weghorst. Meski terjadi pergantian pemain, kedua tim tetap bermain hati-hati dan menghindari kesalahan fatal.

Pertandingan tampak akan berakhir imbang sebelum pelatih Inggris, Gareth Southgate, membuat keputusan krusial dengan menarik keluar Kane dan Foden untuk digantikan oleh Ollie Watkins dan Palmer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: