Mbappe Akui Tampil Buruk, Prancis Tumbang di Semifinal Euro 2024

Mbappe Akui Tampil Buruk, Prancis Tumbang di Semifinal Euro 2024

Sesal Kapten Timnas Prancis, Kylian Mbappe di tengah selebrasi para pemain Spanyol yang lolos ke semifinal Euro 2024.-(Foto/Getty Images)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kapten timnas Prancis, Kylian Mbappe, secara terbuka mengakui penampilan buruknya yang berkontribusi pada kekalahan Prancis dari Spanyol dengan skor 1-2 di semifinal Euro 2024. 

Kekalahan ini mengakhiri perjalanan Les Bleus dalam turnamen tersebut, yang berlangsung di Allianz Arena, Muenchen, pada Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Mbappe menyatakan kekecewaannya kepada wartawan setelah pertandingan. “Kami tak berbuat cukup banyak untuk mencapai final. Mereka (Spanyol) bermain lebih baik dari kami, mereka pantas maju ke final dan kami harus angkat kaki,” katanya seperti dikutip AFP.

Mbappe, yang tampil dengan ambisi besar untuk menjadi juara Eropa, mengaku kecewa dengan performanya selama turnamen ini. “Saya berambisi menjadi juara Eropa. Saya punya cita-cita tampil baik dalam Euro. Saya tak berhasil mewujudkannya. Sungguh mengecewakan,” ujarnya.

Prancis hanya mampu mencetak empat gol sepanjang turnamen ini, dan satu-satunya gol Mbappe berasal dari titik penalti. Hasil ini sangat kontras dengan performa gemilang mereka di Piala Dunia 2022 di Qatar, di mana Mbappe mencetak delapan dari 16 gol Les Bleus.

BACA JUGA: Jadwal Babak Grup Piala AFF U-19 2024, Berikut Lawan Timnas Indonesia di Grup A

Sempat Unggul Lawan Spanyol

Pada pertandingan tersebut, Prancis sebenarnya unggul lebih dahulu melalui gol Randal Kolo Muani di menit kesembilan yang dirancang oleh Mbappe. Namun, Spanyol dengan cepat membalikkan keadaan dengan dua gol dalam empat menit di pertengahan babak pertama. 

Babak pertama berjalan sangat terbuka dengan kedua tim saling serang. La Furia Roja langsung mengancam saat laga baru berjalan lima menit melalui umpan silang Lamine Yamal yang disundul Fabian Ruiz, namun masih melambung di atas gawang Prancis yang dikawal Mike Maignan.

Prancis unggul lebih dulu berkat gol Kolo Muani. Proses gol terjadi berkat umpan silang matang Kylian Mbappe, yang disundul Kolo Muani dengan bebas ke pojok kiri gawang Unai Simon. 

BACA JUGA: Singkirkan Turki, Belanda Tantang Inggris di Semifinal UEFA Euro 2024

Spanyol menyamakan kedudukan pada menit ke-21 ketika Lamine Yamal mencetak gol spektakuler melalui tendangan melengkung dari luar kotak penalti ke pojok kanan atas gawang, yang gagal diblok Maignan.

Yamal menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam Euro dan Piala Dunia dalam usia 16 tahun dan 362 hari. Dia memecahkan rekor Pele. 

Pada menit ke-25, Dani Olmo membuat Spanyol membalikkan keadaan. Mendapatkan bola di kotak penalti, Olmo mengecoh dua pemain sebelum melepaskan tendangan mendatar. Bek Jules Kounde berusaha memblok bola, tetapi bola masuk ke gawang Prancis. Gol itu sempat dianggap gol bunuh diri sebelum dinyatakan sah sebagai gol Olmo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: