Tahun Ini Konsumsi Ikan Masyarakat Paser Ditargetkan Mencapai 65,65 Kilogram Per Kapita

Tahun Ini Konsumsi Ikan Masyarakat Paser Ditargetkan Mencapai 65,65 Kilogram Per Kapita

Konsumsi ikan di Kabupaten Paser ditargetkan meningkat dibanding 2023 lalu. (Awal/Disway)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Dinas PerikananKabupaten Paser menargetkan tingkat konsumsi ikan masyarakat pada 2024 meningkat menjadi 65,65 kilogram per kapita, lebih tinggi jika dibandingkan dengan target pemerintah pusat, yakni 62,5 kilogram per kapita.

"Kondisi geografis daerah jadi salah satu faktor tingginya konsumsinya ikan di Kabupaten Paser," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser, Rudiansyah, Rabu (10/7/2024).

Ia mengatakan angka tersebut mengacu pada tingginya konsumsi ikan masyarakat setiap tahunnya.

Pada 2023 lalu, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Paser mencapai 59,79 kilogram per kapita melebihi capaian nasional sebesar 58,48 per kapita.

BACA JUGA : Catat! Berikut Jadwal Gerakan Pangan Murah di Paser

"Tahun lalu, konsumsi ikan di Paser juga melebih tingkat konsumsi ikan di Kalimantan Timur 58,51 kilogram per kapita," tambahnya.

Tingginya angka konsumsi ikan, dinilai akan memengaruhi peningkatan gizi dan kesehatan masyarakat.

Hal itu menjadi acuan dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Paser melakukan upaya meningkatkan konsumsi ikan melalui kegiatan sosialisasi gemar ikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, balita, pasangan usia subur menjelang pernikahan, dan pelajar.

BACA JUGA : Polsek Kuaro Berdayakan Pelaku Usaha Melalui Pojok UMKM Presisi

"Kegiatan gemar ikan menjadi upaya Pemkab Paser dalam meningkatkan konsumsi ikan dan mencegah risiko stunting pada anak-anak," sebutnya.

Dampak lainnya, dengan tingginya konsumsi ikan juga akan membangkitkan sektor perikanan di daerah.

"Kami juga memberikan bantuan benih untuk dibudidaya, mesin kapal buat nelayan, dan alat tangkap ikan, kegiatan pelatihan, hingga fasilitasi perizinan usaha dalam rangka membangkitkan sektor perikanan di Paser," tandasnya.

BACA JUGA : Pemkab Paser akan Rehab 173 Unit Rumah Warga Kurang Mampu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: