Kabar Baik Sekaligus Kabar Buruk Datang dari Shin Tae-yong

Kabar Baik Sekaligus Kabar Buruk Datang dari Shin Tae-yong

Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menanggapi pertanyaan wartawan.-(Foto/Istimewa)-


Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.-(Foto/Istimewa)-

Sanksi dari AFC

Namun, di tengah berita positif ini, Shin Tae-yong bersama dua pemain tim nasional, Ivar Jenner dan Justin Hubner, mendapatkan sanksi dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Ketiganya diberikan sanksi akibat perilaku yang dianggap tidak sesuai selama Piala Asia U-23 lalu. Mereka dianggap melanggar pasal 50 Kode Etik dan Etika AFC.

Shin Tae-yong mendapatkan sanksi denda sebesar 7.500 dolar AS (sekitar Rp122,7 juta) terkait komentarnya yang dinilai merendahkan kompetensi wasit serta integritas AFC selama turnamen. 

Ia memberikan komentar pedas terhadap wasit Nasrullo Kabirov pada laga pembuka Piala Asia U-23 2024 antara Qatar dan Indonesia. 

"Banyak keputusan wasit di sepanjang pertandingan. Kalau kalian melihatnya, itu bukan pertandingan sepak bola, ini sebuah pertunjukan komedi dan sangat berlebihan,” ujarnya di situs PSSI.

BACA JUGA: Suruh Etam: Bisnis Layanan Baru yang Serba Bisa di Samarinda

Sementara itu, Ivar Jenner dan Justin Hubner juga dikenakan sanksi denda masing-masing sebesar 5.000 dolar AS (sekitar Rp82 juta). 

Keduanya dianggap melanggar pasal yang sama karena unggahan di media sosial yang dianggap menghina dan mempertanyakan integritas hasil laga. 

Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan tanggapannya terhadap sanksi tersebut. 

"Itu kan sama seperti hukuman Komdis (Komite Disiplin), ada aturannya, jadi harus dipenuhi," jelas Arya. 

Mereka diharuskan menyelesaikan hukuman ini dalam waktu 30 hari sejak deklarasi AFC. Kegagalan untuk mematuhi akan mengakibatkan konsekuensi yang lebih buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: